• Sab. Feb 24th, 2024

Yendra Haito Resmi Dilantik Menjadi Kepala Desa Jawi Kinal

ByPutra Bhayangkara

Jul 6, 2023

Kaur Bengkulu, Putrabhayangkara.com- Yendra Haito resmi dilantik menjadi Kepala Desa Jawi Kecamatan Kinal Kabupaten Kaur, setelah 2 (dua) tahun sengketa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada tahun 2021 lalu akhirnya kini baru menemukan titik terang, Kamis 6 Juli 2023.

Akhirnya selama ini Desa Jawi yang menjadi sorotan para publik yang bertanya- tanya kini diputuskan oleh pihak Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Medan dengan memutuskan Tergugat II saudara, Yendra Haito sebagai pemenang pada Pilkades tahun 2021 kemarin, dan menyatakan pihak Penggugat saudara, Didi Haryanto sebagai pihak yang kalah.

Dengan adanya keputusan dari Pengadilan PTTUN Medan tersebut, serta diperkuat oleh Surat Keputusan Bupati Kaur Nomor : 188.4.45-601/2023 tertanggal 3 Juli 2023. Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) mengadakan acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan atas Kepala Desa Jawi terpilih.

Kepala Desa Jawi terpilih, Yendra Haito secara resmi dilantik diambil sumpah jabatan oleh Plt. Bupati Kaur Herlian Muchrim, S.T yang diwakili oleh Camat Kinal, Firmansyah, S.E, bertempat di Aula Kantor Camat Kecamatan Kinal.

Dalam acara tersebut dihadiri langsung Oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyrakat Desa (PMD) Kabupaten Kaur Asdyarman, S. Sos, Kapolsek Kinal, Koramil, Kepala Desa, BPD dan seluruh Perangkat Desa Jawi yang hadir.

Usai melantik Kepala Desa Jawi terpilih, Camat Kinal menyapaikan beberapa pesan kepada Kepala Desa Jawi yang telah dilantik, Saya berharap agar saudara Yendra bisa menjadi pemimpin yang baik dan bijaksana menjadi panutan bagi seluruh warga Desa Jawi.

Selain itu dalam mengemban tugas harus bersikap profisional dan netral, terlebih mau memasuki tahun politik sekarang ini diharapkan mampu menciptakan situasi Desa Jawi yang tertib dan aman, serta mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan dan kalau bisa jangan dulu terburu- buru mengganti Perangkat Desa yang ada sekarang hingga akhir tahun 2023 ini, ungkap Firman.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kaur Asdyarman, S. Sos menyampaikan dalam laporannya, bahwasanya berdasarkan Undang- Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa dan Keputusan Bupati Kaur Nomor : 188.4.45-601/2023.

Dan menetapkan masa jabatan Kepala Desa Jawi dalam hal ini, Yendra Haito adalah tahun 2023 – 2029, terhitung sejak dilantik pada hari Kamis ini hari, pungkasnya. (Ripasi)