• Jum. Jun 14th, 2024

Wujudkan Kesetaraan Gender, Kapolres Tulungagung Lantik Polwan Iptu Nenny Sebagai Kapolsek

ByPutra Bhayangkara

Jul 8, 2023

TULUNGAGUNG – Putrabhayangkara Kepala Kepolisian Resor Tulungagung Polda Jawa Timur Ajun Komisaris Besar Polisi Eko Hartanto, S.I.K., M.H., memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kapolsek Jajaran di halaman Mapolres Tulungagung Sabtu (8/7/2023) Pagi.

Mantan Kanit Binmas Polsek Ngunut yang juga pernah menjabat Kasi Humas Polres Tulungagung Inspektur Polisi Satu (Iptu) Nenny Sasongko, S.H., menjabat sebagai Kapolsek Karangrejo menggantikan Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sudariyanto, S.Sos.

Saat dijumpai, Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto mengatakan mutasi jabatan di lingkungan institusi Polri merupakan dinamika sebuah organisasi. Selain itu, sebagai bagian dari pembinaan yang berlangsung secara sistematis di lingkup internal Polres setempat.

Kepada Perwira Pertama (Pama) Polres Tulungagung dan Kapolsek Jajaran yang telah berpindah tugas, sambung Eko, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya.

“Saya memberikan apresiasi atas pengabdian pada Pama dan Kapolsek Jajaran yang selama ini dengan dedikasi dan loyalitas pengabdian kepada institusi Polri, rotasi ini merupakan bagian dari penyegaran di tubuh institusi Polri,” ucap Mantan Kapolres Lhokseumawe Polda Aceh di hadapan awak media.

“Kami berharap, mudah-mudahan sesuai dengan yang sudah kita ambil sumpahnya agar melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan sebaik-baiknya sesusai dengan job deskripsi masing-masing,” imbuhnya.

Perwira Polisi asli kelahiran Juwana Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah menambahkan dalam sertijab Kapolsek Jajaran ini satu diantaranya seorang Polisi wanita (Polwan).

“Iya benar, ada salah satu Kapolsek perempuan dalam sertijab tadi yaitu Kapolsek Karangrejo,” tambahnya.

“Kesetaraan gender itu sudah ada di tubuh Polri, juga sudah banyak seperti menjabat Kapolda pernah itu di Banten, kalau level Kapolres sudah ada juga, sedangkan untuk Kapolsek ini di Tulungagung,” sambungnya.

“Insya Allah, beliau bisa mengemban tugas dengan sebaik-baiknya. Semua sudah sama kok, seperti skill, knowledge pengetahuan dan sebagainya itu sama di tubuh Polri ada kesetaraan dan semua itu diberikan kesempatan bagi Polwan yang memiliki dedikasi, pengabdian, loyalitas bagus dan kinerja bagus. Apresiasi dari pimpinan untuk menduduki jabatan level Kapolsek,” pungkas Alumnus Akpol 2002.

Tempat sama, Kapolsek Karangrejo yang baru Iptu Nenny Sasongko mengatakan sesuai amanat dari Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto bahwasanya pejabat lama dan baru agar segera menyesuaikan di tempat tugas masing-masing.

“Amanat Pak Kapolres Eko Hartanto itu segera lakukan maping terkait Kamtibmas dan kerawanan di daerah masing-masing,” ucap Mantan Kasi Humas Polres Tulungagung.

“Kemudian, silaturahmi dan menjalin kedekatan dengan stakeholder dan tokoh masyarakat yang ada di wilayah masing-masing,” imbuhnya.

“Tujuannya untuk Harkamtibmas di wilayah masing-masing tetap aman dan kondusif,” katanya menambahkan.

Adapun sertijab tersebut diantaranya Kasat Binmas Polres Tulungagung dijabat AKP Hery Purwanto sebelumnya Kasikum Polres Tulungagung, Kapolsek Besuki dijabat AKP Hariyono sebelumnya menjabat Kapolsek Kalidawir, pejabat lama AKP I Nengah Sutejo berpindah Kasubbag Polres Tulungagung, sedangkan jabatan Kapolsek Kalidawir diisi oleh AKP Sudariyanto, Kapolsek Karangrejo dijabat oleh Iptu Nenny Sasongko sebelumnya menjabat Kanit Binmas Polsek Ngunut, sedangkan Kapolsek Campurdarat dijabat oleh Iptu Mohammad Ansori yang sebelumnya Kasi Humas Polres Tulungagung
( MPB Edi )