• Sab. Apr 20th, 2024

TSTH2 di Pollung Dikunjungi Dirjen Cipta Karya dan Dirjen Pendidikan Tinggi

ByPutra Bhayangkara

Jun 12, 2023
Views: 10

Humbang Hasundutan-Sumut.

Putrabhayangkara.com
Senin 12/06/2023

Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, ibu Ir. Diana Kusumastuti, MT, Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Bapak prof. Ir. Nizam, M. Sc, Ph.D., IPU, Asean Eng, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves, ibu Nani Hendiarti beserta rombongan kunjungi Taman Sains Teknologi Herbal dan Holtikultura (TSTH2) di Kecamatan Pollung.

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan pembangunan Tahap II. Sebelumnya tahap I telah selesai dikerjakan dan dilaksanakan evaluasi agar kegiatan selanjutnya yaitu dapat dilaksanakan. Kegiatan pembangunan TSTH2 ini dirancang sebagai pusat riset dan inovasi pengembangan herbal dan hortikultura. Salah satu diantaranya adalah untuk menghasilkan bibit lokal yang unggul untuk mendukung program food Estate di Sumatera Utara.

Kunjungan rombongan tersebut disambut Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor, SE dan diikuti dengan kegiatan peninjauan lapangan berbagai bangunan yang telah selesai dilaksanakan seperti Gedung Riset Pertanian, Gedung Riset Herbal I, Gedung Smart Green House, Gedung Screen House, Ruang kontrol pertanian, Gedung Mess Karyawan, Gerbang dan Pos Satpam, Area Parkir Serta Pagar Keliling di lahan seluas 30 Ha.

Setelah selesai dilakukan pemeriksaan dengan meninjau seluruh fasilitas yang ada, kegiatan dilanjutkan dengan paparan dan evaluasi dari para tim terkait seperti dari IT Del, dan Pengelola TSTH2.

Pada akhir acara, Bupati Humbahas juga turut menyampaikan paparan tentang keadaan sanitasi dan kondisi air bersih di Kabupaten Humbang Hasundutan. Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan proposal peningkatan infrastruktur sanitasi dan air bersih kepada Dirjen Cipta Karya, Ibu Diana, agar kiranya proposal tersebut dapat direalisasikan karena akses dan kebutuhan warga akan sanitasi dan air bersih yang belum maksimal dapat dipenuhi dengan dukungan Pemerintah Pusat bagi peningkatan kehidupan layak masyarakat Humbang Hasundutan.

Pada Akhir acara, Bupati memberikan cenderamata berupa ulos dan kopi khas Humbang Hasundutan kepada rombongan Pemerintah Pusat.

Frish H Silaban.