• Sel. Jul 23rd, 2024

Tegas, Lugas dan Terpercaya

Tingkatkan Kualifikasi Tempur, Satkopaska Koarmada III Latihan Peperangan Laut Khusus

ByPutra Bhayangkara

Jun 15, 2023

Sorong Papua Barat Daya – Satuan Komando Pasukan Katak Koarmada III sebagai salah satu pasukan khusus TNI Angkatan Laut tingkatkan profesionalisme dan kemampuan kualifikasinya dengan latihan peperangan laut khusus atau Naval Special Warfare bertempat di Mako Koarmada III dan sekitar Perairan Soromg Papua Barat Daya. Kamis (15/06/23).

Latihan ini telah berlangsung dari tanggal 5 s.d. 15 Juni 2023 dan dilaksanakan di Satkopaska Koarmada III. Kemudian, dilanjutkan dengan manuver lapangan di Pulau Yefdoif Pulau Senapan, Pulau Yefman dan sekitarnya.

Operasi peperangan laut khusus berupa sabotase dan asasin di skenariokan dengan melumpuhkan sasaran radar pantai, pasukan musuh dan sarana komunikasi musuh yang dapat mempengaruhi tugas pokok Satkopaska Koarmada III.

Menurut Komandan Satkopaska Koarmada III Letkol Laut (P) Robinson H. Etwiory, latihan yang melibatkan prajurit Satkopaska Koarmada III ini memiliki arti penting karena sebagai pelaku berkesempatan untuk melatih kemampuan baik secara taktis maupun teknis dengan metode latihan penyampaian teori maupun praktek lapangan.

Adapun materi latihan kali ini antara lain long range navigation, infiltrasi bawah air, perimeter pantai, taktik satuan kecil, assassination dan demolisi.

Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi mengungkapkan bahwa latihan-latihan yang dilaksanakan oleh prajurit Koarmada III ini merupakan upaya dalam meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) TNI AL yang unggul dan profesional sesuai program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Muhammad Ali.

Latihan itu juga untuk meningkatkan kesiapan dan kesiagaan Kopaska sebagai pasukan khusus agar memiliki daya gerak dan daya gempur yang tinggi, pungkas Panglima.

(Tim/Red)