• Rab. Mei 22nd, 2024

Tetap Jaga Silaturahmi Bhabinkamtibmas Sambang di Desa Binaan

ByPutra Bhayangkara

Jun 12, 2023
Views: 17

POLRES LANDAK – AIR BESAR, Bhabinkamtibmas adalah pengemban fungsi tugas polisi masyarakat (Polmas) di desa atau kelurahan dan mempunyai peranan melaksanakan kunjungan, sambang warga untuk mendengarkan keluhan berbagai permasalahan kamtibmas di wilayah kerja masing-masing.

Dapat dilihat yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Sepangah dan Desa Temoyok BRIPKA Yani melaksanakan sambang dan menyampaikan pesan kamtibmas kepada warga masyarakat di desa binaannya bertujuan menjaga hubungan baik dengan warga dalam mewujudkan kamtibmas dan memecahkan berbagai permasalahan pelanggaran hukum dan permasalahan sosial yang ada, Minggu (12/6/23).

Kapolres Landak AKBP I Nyoman Budi Artawan, S.H, S.I.K, M.M. melalui Kapolsek Air Besar IPDA Donny Pati Pratama Yolanda menyampaikan “Kegiatan sambang desa dan dialogis ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat terutama warga desa binaan,” jelas IPDA Donny.

“Dengan kehadiran Bhabinkamtibmas diharapkan dapat mengurangi dan meminimalisir kriminalitas serta dituntut mampu meningkatkan kesadaran hukum dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia dengan cara menyebarluaskan informasi tentang kebijakan pimpinan Polri yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban masyarakat,” tutup Kapolsek Air Besar.

Kegiatan yang dilaksanakan sangat efektif dikarenakan dapat berinteraksi secara langsung dengan warga binaan sehingga bisa menggali informasi dan mengajak seluruh elemen masyarakat turut serta membantu Kepolisian dalam menciptakan ketertiban dan keamanan dengan melaporkan kepada petugas apabila melihat dan mengetahui pelaku tindak kriminalitas dilingkungannya.

“Di mulai menjaga situasi keamanan dan ketertiban di tingkat paling bawah dan mampu memberikan pelayanan Kepolisian kepada masyarakat yang memerlukan dan menggerakkan kegiatan yang positif di tengah masyarakat serta dapat mendorong pelaksanaan siskamling dalam pengamanan lingkungan masing-masing,” ucap BRIPKA Yani.

 

penulis xixoctha