• Sab. Mei 18th, 2024

TD Umsini dan TD Irau Masuk di Jajaran Koarmada III, Acara Penyambutan dan Penerimaan di Pimpin Pangkoarmada III

ByPutra Bhayangkara

Nov 2, 2023
Views: 10

Sorong PBD – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) IIl Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi memimpin acara penyambutan dan penerimaan TD Umsini dan TD Irau yang masuk ke jajaran Koarmada III, bertempat di Dermaga Mako Lantamal XIV Sorong, Kota Sorong Papua Barat Daya, yang dihadiri Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Singgih Sugiarto, Komandan Lantamal XIV Laksamana Pertama TNI Deny Prasetyo, Pejabat Utama Koarmada III dan Lantamal XIV serta pejabat unsur TNI, Polri dan Instansi Maritim yang berada di Sorong. Kamis (02/11/2023).

Dalam sambutannya, Pangkoarmada III menjelaskan bahwa Dua Kapal Tunda terbaru milik Koarmada III ini, yaitu TD Umsini dan TD Irau telah diresmikan dan diserah terimakan serta masuk ke jajaran Koarmada III pada 21 Agustus 2023 yang lalu di Jakarta, keduanya merupakan produksi anak bangsa, yaitu PT Noahtu Shipyard Jakarta.

Hal tersebut sejalan dengan komitmen TNI Angkatan Laut dalam mendukung kebijakan Pemerintah berupa Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) serta merupakan bukti nyata dari kemandirian industri pertahanan dalam negeri,” ungkap Pangkoarmada III.

Lebih jauh Pangkoarmada III menyampaikan, TD Umsini dan TD Irau merupakan kapal jenis Tunda Pelabuhan yang diawaki sekitar 10 Personel yang akan dipergunakan untuk membantu Kapal Perang atau KRI jajaran Koarmada III terutama yang berukuran besar untuk lepas sandar di Pelabuhan Sorong, khususnya di Dermaga Lantamal XIV, maupun Dermaga Mako Koarmada III Katapop Kabupaten Sorong, sehingga dapat mengoptimalkan waktu serta keamanan bernavigasi KRI di alur pelabuhan.

Selain itu ditambahkan Pangkoarmada III, bahwa Kapal Tunda ini, selain mampu mendukung lepas sandar KRI, juga memiliki kemampuan untuk menanggulangi kebakaran di laut maupun di pelabuhan karena dilengkapi perangkat External Fire Fighting system, selain itu, juga dilengkapi dengan Oil Dispersant System untuk mengatasi pencemaran limbah minyak di laut.

Dengan demikian, TD Umsini dan TD Irau diharapkan mampu membantu fungsi Pangkalan dalam mendukung operasional KRI serta meningkatkan keselamatan di wilayah Pelabuhan Lantamal XIV Sorong dari bahaya kebakaran dan pencemaran limbah di laut,”ujar Pangkoarmada III.

Diakhir sambutannya Pangkoarmada III mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di jajaran Koarmada III, khususnya di Lantamal XIV Sorong kepada seluruh prajurit kedua kapal tersebut, dan berpesan agar selalu menjaga dan memelihara terus kondisi teknis kapal, supaya tingkat kesiapan kapal selalu terjaga dan bisa memenuhi tuntutan kesiapsiagaan operasional unsur Koarmada III, serta pegang teguh prinsip Zero Accident dan mematuhi Standard Operating Procedure (SOP) agar keselamatan personel maupun materiil selalu terjaga.

(Tim/Red)