• Sel. Mei 21st, 2024

Siaga Bahaya Kebakaran, Koarmada III Latih Kesigapan Prajurit

ByPutra Bhayangkara

Jun 17, 2023
Views: 15

Sorong Papua Barat Daya – Dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran, Komando Armada III laksanakan latihan penanggulangan bahaya kebakaran dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan hydrant (air bertekanan tinggi) di Mako Koarmada III, Katapop, Sorong, Papua Barat Daya. Sabtu (17/06/23).

Latihan tersebut bertujuan untuk menjaga kesigapan dan kemampuan para prajurit Koarmada III dalam menanggulangi bahaya kebakaran yang sewaktu-waktu bisa terjadi di lingkungan satuan maupun di KRI yang sedang sandar di dermaga Katapop. Dengan kesigapan dan bekal pengetahuan para prajurit bagaimana menangani kebakaran dengan baik dan benar diharapkan dapat menghindari kerugian personel maupun material (zero accident).

Di dalam pelatihan penanggulangan kebakaran tersebut terdapat materi-materi yang diajarkan antara lain mengenai cara penanggulangan bencana kebakaran, jenis-jenis alat pemadam kebakaran dan cara menggunakan alat pemadam kebakaran. Penggunaan selang hydrant dan cara penggunaan APAR serta bagaimana cara mengevakuasi korban juga dilatihkan.

Latihan ini merupakan sebuah cara yang dilakukan untuk menyegarkan kembali ilmu yang didapat selama bertugas dan diharapkan prajurit lebih terampil menggunakan serta mengoperasikan alat pemadam kebakaran secara optimal dan profesional.

Panglima Koarmada III menyampaikan, untuk mencegah bahaya kebakaran diperlukan kesadaran untuk ikut memiliki atau sense of belonging. Dengan rasa ikut memiliki pasti akan turut menjaga dan mengantisipasi berbagai masalah yang mungkin terjadi.

Mengetahui cara menggunakan alat-alat pemadam kebakaran dan prosedur pemadaman api serta prosedur penyelamatan merupakan hal yang cukup penting. Selain itu, timbulnya kesadaran situasi atau situation awareness terhadap berbagai kemungkinan bahaya termasuk kebakaran perlu ditanamkan,”imbuh Panglima.

(Tim/Red)