• Sab. Apr 20th, 2024

Sekda Aceh Buka Rakerda Dekranasda Se- Provinsi Aceh

ByPutra Bhayangkara

Jun 15, 2023
Views: 8

Tapaktuan.Putrabhayangkara.com.

Pj.Gubernur Aceh Achmad Marzuki, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Bustami Hamzah, SE, M,Si membuka acara Rakerda Dekranasda se Provinsi Aceh, yang berlangsung di Taman Pala Indah, Tapaktuan, Kamis (15/6/2023).

Dalam acara tersebut Sekda Aceh, Bupati Aceh Selatan beserta ibu dan pengurus Dekranasda Aceh juga membuka kain selubung produk unggulan kerajinan Aceh dipanggung utama kegiatan.

Tahun ini Aceh Selatan menjadi tuan rumah pada ajang Rakerda Dekranasda dengan pameran kerajinan unggulan, dengan jumlah 34 stand, termasuk stand UMKM dan satu stand dari Provinsi Aceh.

Adapun acara pembukaan turut dihadiri oleh Sekda Aceh beserta istri, Anggota DPRA Hendri Yono, Bupati Aceh Selatan beserta ibu, Pengurus Dekranasda Aceh, Perwakilan para pejabat setiap Kabupaten/Kota, Forkopimda Aceh Selatan, Sekda Aceh Selatan, para kepala SKPK, Instansi vertikal, dan para undangan lainnya.

Sekretaris Daerah Aceh Bustami Hamzah mengapresiasi atas terselenggaranya pameran kerajinan unggulan di Rakerda Dekranasda tahun ini, yang dilaksanakan dari tanggal 15 – 17 Juni 2023.

Beliau berharap, melalui event ini dapat mendorong pembangunan ekonomi kreatif sekaligus menjaga adat istiadat Aceh dan juga merupakan salah satu strategi agar peningkatan daya saing UMKM Aceh dapat diwujudkan, ujarnya.

Dengan demikian harapan beliau “momentum ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh pelaku UMKM dengan memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk unggulan yang melalui pameran ini, sehingga dapat lebih memperluas pemasaran berbagai macam produk kerajinan dan dapat lebih  dikenal luas ditengah masyarakat baik lokal maupun nasional, ujar sekda.

Sementara itu Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran menyampaikan pelaksanaan Rakerda Dekranasda merupakan momentum bagi setiap Kabupaten/Kota di Aceh dan diberikan kesempatan untuk menjadi tuan rumah di event selanjutnya.

Menurut Bupati Aceh Selatan, pembinaan secara berkelanjutan sangatlah penting, agar potensi kerajinan yang ada dapat terus menghasilkan karya dan produk yang berkualitas, serta berdaya saing tinggi, sehingga dapat dipasarkan dan diterima secara lebih luas oleh masyarakat, ungkap Tgk. Amran.

Atas nama Pemerintah Daerah Bupati Aceh Selatan mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Aceh dan Dekranasda Aceh atas penetapan Aceh Selatan sebagai tuan rumah pada tahun ini

“Semoga dengan kegiatan Dekranasda dan pameran kerajinan unggulan ini sinergiritas program ini antara Dekranasda Provinsi dan Kabupaten dapat terjaga dan lestari, harap beliau.

Kemudian Ketua Dekranasda Aceh Selatan Kailida S.Pdi mengatakan, untuk kegiatan ini jumlah peserta yang hadir terdiri dari 22 Kab/Kota, beliau mengucapkan terimakasih kepada seluruh Kab/Kota yang sudah ikut menyukseskan acara Rakerda Dekranasda Tahun 2023 ini hingga penutupan nanti.” Pungkas Kailida.

Setelah prosesi pembukaan Sekda Aceh beserta rombongan yang didampingi Bupati Aceh Selatan beserta ibu, unsur forkopimda mengunjungi satu persatu stand pameran dari berbagai kabupaten/kota dan instansi vertikal yang berpartisipasi dalam event ini.(jon)