• Sab. Mei 18th, 2024

SDIT Al Insan Pinrang Laksanakan Aksi Solidaritas Kemanusiaan Untuk Palestina

ByPutra Bhayangkara

Nov 5, 2023
Views: 23

 

Pinrang – putrabhayangkara.com, Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Insan Pinrang laksanakan aksi solidaritas kemanusiaan untuk Palestina dengan tema ” Palestina Kami Cinta” di lapangan Bosowa Kabupaten Pinrang Provinsi Sulawesi Selatan. Minggu (5/11/2023).

“Kami melihat bahwa di sekolah kami banyak potensi untuk penggalangan dana tapi orang tua tidak tahu dimana disalurkan donasinya makanya kami mensiasati melibatkan orang tua sebagai panitia sehingga aksi penggalangan solidaritas pada hari ini bisa berjalan dengan melibatkan orang tua sebagai garda terdepan di dalam pelaksanaan kegiatan ini.” Ucap Muh. Nasir kepala sekolah SDIT Al Insan Pinrang saat dikonfirmasi awak media.

Muh. Nasir juga mengatakan, “Tujuan kegiatan ini, kita semua sangat tergantung dari kondisi yang ada di Palestina dan saya yakin dan percaya juga apa yang saya rasakan dengan dirasakan orang tua sama semua sehingga akan merasa tergerak untuk bisa berperan aktif yang bisa kami lakukan untuk saudara – saudara kita yang ada di Palestina.” Jelasnya

Lanjut Muh. Nasir, “Pesan saya mari kita bersama-sama secara sama – sama melakukan penggalangan dana karena permasalahan di Palestina bukan persoalan agama tetapi permasalahan kemanusiaan.”

Ditempat yang sama H. Herwin, A.Md, Ketua Yayasan SDIT Al Insan Pinrang mengatakan, “Ini adalah bentuk solidaritas kita atau pembelaan terhadap pembantaian yang dilakukan oleh zionis Israel terhadap masyarakat Palestina dan ini secara undang – undang di atur dan sebagai amanah undang – undang yang terbentuk dalam undang – undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945, bahwa kemerdekaan adalah hak setiap bangsa oleh sebab itu penjajahan di atas bumi harus di hapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Saya kira itu adalah landasan utama kenapa kemudian banyak ormas maupun sekolah yang kemudian melakukan penggalangan dana untuk membela saudara kita di Palestina.” Jelasnya.

Dan, Lanjut H. Herwin, “Dibeberapa bulan lalu di bulan Oktober juga menteri luar negeri mengungkapkan kekecewaannya atas penindasan yang dilakukan oleh Israel terhadap masyarakat Palestina dan dipertemuan itu disampaikan di forum PBB, memperlihatkan kekuatirannya atas penindasannya yang dilakukan Israel terhadap Palestina dan begitu pula yang disampaikan oleh bapak presiden dalam pertemuan Asean dan di situ juga hadir negara – negara teluk beliau mengatakan bahwa permasalahan utama akar utamanya adalah adalah pendudukan Israel Zionis terhadap masyarakat Palestina.”

Lebih lanjut H. Herwin mengatakan, “Ini tentu mengundang kita, jadi bukan hanya masyarakat Islam di Indonesia dan masyarakat Islam di dunia akan tetapi hampir seluruh negara – negara sekarang ini mengecam perbuatan Israel terhadap masyarakat Palestina dan pendiri Hamas Sheikh Ahmed Yassin ketika di tanya oleh jurnalis terkait dengan kapan Palestina merdeka Sheikh Ahmad Yassin mengatakan bahwa Israel akan di usir dari Palestina atau Palestina akan merdeka di usia 40 tahun Hamas, Hamas itu berdiri di tahun 1987 jadi kalau misalkan di tambah 40 tahun maka di tahun 2027 itu menurut Sheikh Ahmad Yassin selaku pendiri Hamas ini kemungkinan besar prediksinya Palestina akan merdeka dari penjajahan oleh karena itu kami dari sekolah SDIT Al Insan bersama dengan seluruh panitia mengajak kepada masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat Pinrang pada khususnya agar kiranya bisa mendonasikan apa yang kita miliki untuk masyarakat Palestina karena sesungguhnya mereka harapkan itu bukanlah tenaga karena kalau kita berangkat ke sana justru kita menjadi beban buat mereka akan tetapi yang mereka harapkan adalah bantuan berupa air minum, berupa obat – obatan, makanan dan bahkan mungkin persenjataan agar cita – cita Hamas bisa tercapai di tahun 2027.”

“Harapan utamanya kita ingin membuktikan bahwa kita solid, bahwa kita memiliki perasaan yang sama dengan saudara – saudara kita di Palestina, kita merasa sedih atas perlakuan yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina dan karena itu kita bergerak untuk membantu mereka dalam bentuk donasi, hal yang lain adalah mengajak umat Islam secara keseluruhan dimanapun dia berada mereka harus menyadari bahwa ada manusia yang tertindas, ada manusia yang dijajah dan betapa orang tua kita terdahulu pernah merasakan betapa pedihnya dijajah dan oleh karena itu kami juga mengajak kepada masyarakat Pinrang secara umum agar bisa terlibat kemanapun dananya didonasikan yang penting sampai ke Palestina, tetapi kalaupun ada yang ingin menitipkan dananya bisa ke Al Insan Care di SDIT Al Insan.” Tutup H. Herwin. (Dulfi).