• Sel. Jul 23rd, 2024

Tegas, Lugas dan Terpercaya

Satu Peleton Prajurit Kodim 0728 Wonogiri Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2023

ByPutra Bhayangkara

Jul 10, 2023

Wonogiri – Bertempat di Halaman Mapolres Wonogiri Jl. Raya Wonogiri – Wuryantoro KM. 2, Donoharjo, Wuryorejo, Kec./ Kab. Wonogiri telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2023. Senin (10/7/2023).

Adapun Pimpinan Apel Wakapolres Wonogiri Kompol Andi M. Akbar Mekuo., S.H., S.I.K., M.H., Perwira Apel Kasat Lantas Polres Wonogiri AKP Maryono, S.H., Komandan Apel KBO Sat Lantas Polres Wonogiri Iptu Sutarto.

Susunan Pasukan Apel diantaranya, Satu Regu Korsik, Satu Peleton Kapolsek Jajaran Polres Wonogiri, Satu Peleton Perwira Staf Polres Wonogiri, Satu Peleton TNI Kodim 0728 Wonogiri, Satu Peleton Sat Samapta Polres Wonogiri, Satu Peleton Gabungan Staf Polres Wonogiri, Satu Peleton Sat Lantas Polres Wonogiri, Satu Peleton Gabungan Sat Reskrim, Sat Intelkam, Sat Narkoba dan Sat Tahti Polres Wonogiri, Satu Peleton Gabungan Dishub Kab. Wonogiri dan Dishub Terminal, Satu Peleton Satpol PP Kab. Wonogiri.

Amanat Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St.M.K. yang dibacakan oleh Pimpinan Apel, Permasalahan dibidang lalu lintas, telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah populasi pendudukyang berimbas pada peningkatan jumlah kendaraan bermotor, sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan.

Modernisasi perkembangan alat transportasi pada era digital, harus diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polisi lalu lintas. Sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi perkembangan transportasi tersebut.

Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam etika berlalu lintas. Dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas.

Keselamatan berlalu lintas memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting. Kesadaran pengguna lalu lintas, baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor, dan pengguna jalan lainnya masih rendah. Masih ditemukan pengendara yang melawan arus lalu lintas, melanggar rambu, marka jalan, dan sebagainya.

Adapun penekanan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St.M.K. berkaitan dengan pelaksanaan Operasi Patuh Candi-2023, Utamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang telah ditentukan, Hindari tindakan yang kontraproduktif (pungli, arogan dan sewenang-wenang).

Penegakkan hukum yang humanis, tegas dan menjunjung tinggi hak asasi manusia, Lakukan tugas operasi patuh dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat, Selalu berdoa dan mengucap syukur kepada Allah SWT, dalam setiap melaksanakan tugas sehingga apa yang kita kerjakan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

(Arda 72)