• Sab. Apr 20th, 2024

Satpolairud Polres Asahan gelar patroli perairan antisipasi masuknya barang ilegal

ByPutra Bhayangkara

Jul 10, 2023
Views: 8

 

ASAHAN | Putra bhayangkara,Satuan Polisi Air Udara (Satpolairud) Polres Asahan menggelar patroli perairan untuk mengantisipasi keluar masuknya barang ilegal dari dari luar negeri dengan menggunakan Kapal Patroli II-1027.senin,(10/07/2023)

Kapolres Asahan AKBP Rocky H Marpaung, SH, SIK, MH menjelaskan, patroli itu bertujuan untuk melakukan tugas pengawasan dan pemeriksaan terhadap kapal pembawa pekerja migran ilegal (PMI), barang ilegal yang dilarang keluar atau masuk melalui perairan Asahan, penangkapan ikan ilegal dan barang ilegal lainnya seperti pakaian bekas atau narkoba.

“Selain itu untuk menjaga keselamatan berlayar para nelayan dan sebelum melaut hendaknya dilakukan pemeriksaan seperti mesin, melengkapi dokumen kapal, serta membawa alat-alat keselamatan berlayar yakni jaket pelampung, ring boy, dan kotak P3K,” katanya.

AKBP Rocky mengimbau kepada para nelayan agar dalam melakukan penangkapan ikan di perairan Indonesia saja atau tidak melewati batas negara Indonesia serta tidak menggunakan alat penangkapan ikan (API) yang dilarang sesuai aturan yang berlaku.

Ia juga menambahkan, saat patroli tersebut telah dilakukan pemeriksaan terhadap satu unit kapal yakni KM. Darma wanita (Tangkul Belacan), No.Rek : GT.09 No.3450.

Kapal itu diawaki oleh Nakhodai Daud dan ternyata dokumen kapal lengkap, jumlah ABK tiga orang, Muatan kapal fiber berisi air, es dan tidak ada di temukan barang-barang yang ilegal atau yang melanggar hukum.

(Red,MPB,Asahan)