• Sab. Feb 24th, 2024

Satgas Pamtas RI-Mly Yonarmed 16/TK Mendukung Pelaksanaan Upacara HUT RI Ke- 78 di Entikong

ByPutra Bhayangkara

Agu 17, 2023

Entikong – Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di PLBN ENTIKONG , Entikong, pada Kamis, 17 Agustus 2023, berlangsung dengan khidmat dan lancar. Staf Khusus Mendagri Bidang Pemerintah Desa dan Pembangunan Perbatasan(Brigjen (Pol) Dr. Hoiruddin Hassibuan , SH, M.hum) selaku inspektur upacara memimpin langsung upacara tersebut dan tampak hadir seluruh Forkopimcam serta jajaran instansi vertikal dan tamu undangan perwakilan pejabat Malaysia terutama dari diwilayah Tebedu.

Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun ini mengusung tema “TERUS MELAJU UNTUK INDONESIA MAJU. Tema ini merefleksikan tekad dan daya juang pantang menyerah Bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan, pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat untuk mengisi kemerdekaan demi kemajuan bangsa.

Bertindak selaku komandan upacara pada kesempatan kali ini yaitu Lettu Arm Ery Setiawan ST.Han. Saat ini, ia menjabat sebagai Perwira Seksi Operasional Pamtas RI-MALAYSIA Yonarmed 16Tumbak Kaputing.

Laporan komandan upacara dan disertai bunyi sirene panjang menandai dimulainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman PLBN ENTIKONG

Anggota DPRD Kab. Sanggau (Edi Emilianus Kusnadi, SH) kemudian membacakan naskah proklamasi yang pada 78 tahun lalu dikumandangkan proklamator, Ir. Soekarno, sebagai tanda bahwa Indonesia telah merdeka dari belenggu penjajahan.

Selepas itu, Brigjen (Pol) Dr. Hoiruddin Hassibuan , SH, M.hum) selaku inspektur upacara memimpin para peserta upacara dengan hikmat

Yang menjadi pasukan PASKIBRA adalah anak anak siswa siswi dari SMAN 1 dan SMP NEGERI 1 ENTIKONG dengan membentuk formasi 78

Pengibaran bendera Merah Putih dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya pun berhasil ditunaikan dengan baik oleh para Paskibraka yang tergabung dalam Tim Pancasila Tangguh tersebut. Sang Merah Putih tampak gagah berkibar di halaman PLBN Pasar Baru Entikong .

Aksi Anak anak TK Kartika dan anak anak Sekolah lainnya berupa tari tarian Adat tradisional setempat turut memeriahkan upacara kali ini

Laporan komandan upacara kepada inspektur upacara bahwa rangkaian Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia telah selesai dilakukan menjadi penutup rangkaian upacara. (Yonarmed 16/TK)