• Sab. Mei 18th, 2024

Sat Samapta Polres Sekadau Intensifkan Latihan Dalmas Menjelang Pemilu 2024

ByPutra Bhayangkara

Nov 2, 2023
Views: 10

SEKADAU, Polda Kalbar – Satuan Samapta Polres Sekadau intensifkan latihan pengendalian massa (Dalmas) sebagai upaya persiapan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Latihan ini dilakukan di halaman Mapolres Sekadau, jalan Merdeka Timur.

Kegiatan latihan Dalmas tersebut dipimpin langsung oleh Kasat Samapta Polres Sekadau yang didampingi oleh Kanit Dalmas 1 dan 2. Sebanyak satu pleton personel Dalmas juga ikut serta dalam latihan.

Kapolres Sekadau, AKBP Suyono, melalui IPTU Triyono, menjelaskan bahwa latihan Dalmas kali ini difokuskan pada materi latihan Dalmas lanjut dan Pengurai Massa (Raimas). Personel dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan Dalmas yang diperlukan dalam menjalankan tugasnya.

“Dalam Satuan Samapta, selain terdapat Peleton Dalmas, juga terdapat Peleton Raimas yang bertugas sebagai pengurai massa. Dalam latihan ini, anggota dituntut untuk berlatih dengan menggunakan sepeda motor jenis KLX dan juga harus mampu menguasai medan yang akan mereka lalui,” ungkap IPTU Triyono, Kamis (2/11/2023).

IPTU Triyono menjelaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan latihan Dalmas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan fisik dan keterampilan personel dalam menghadapi situasi Kamtibmas yang mungkin muncul selama masa Pemilu serentak 2024 di Kabupaten Sekadau.

“Pentingnya latihan ini sebagai persiapan dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama masa Pemilu. Pelatihan rutin ini juga bertujuan untuk membentuk mental dan emosi personel Dalmas, agar mereka tetap dapat menunjukkan sikap tegas dan humanis meskipun dihadapkan situasi yang sulit,” jelasnya.

“Diharapkan melalui latihan ini, personel Dalmas akan memiliki keterampilan dan disiplin yang terlatih, sehingga dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat. Pengamanan yang efektif akan mendukung kelancaran dan ketertiban proses demokrasi di Kabupaten Sekadau,” tambah IPTU Triyono.