• Jum. Mar 1st, 2024

Sambut HUT RI Ke-78, Kodam IV/Diponegoro Melalui Kodim 0728/Wonogiri Menggelar Baksos Donor Darah

ByPutra Bhayangkara

Agu 15, 2023

 

Wonogiri – Menyambut HUT RI ke-78 tahun 2023, Kodam IV/Diponegoro melalui satuan jajaran salah satunya Kodim 0728/Wonogiri menggelar berbagai kegiatan, diantaranya melaksanakan penghijauan dan bakti sosial berupa pembagian sembako kepada Veteran, masyarakat kurang mampu dan anak stunting.

Selain itu, juga membantu kecukupan darah dengan melaksanakan bakti sosial donor darah, dengan menggandeng PMI Kabupaten Wonogiri serta Pemerintah Kecamatan Tirtomoyo, yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Tirtomoyo, Selasa (15/8/2023).

Kegiatan bakti sosial donor darah dilaksanakan di Kecamatan Tirtomoyo yang diikuti langsung oleh Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Deny Octavianto, Kasdim Mayor Inf Iman Maulana Sirod, Perwira Staf dan Danramil jajaran beserta anggota dan Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang XLIX Ny.Joy Deny Octavianto bersama anggota.

Dandim Letkol Inf Deny Oktavianto mengatakan, kegiatan bakti sosial donor darah ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan menyambut HUT RI ke-78 Tahun 2023 yang di gelar secara serentak di seluruh jajaran Kodam IV/Dipinegoro dan di saksikan langsung oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono melelui video zoom, dimana puncaknya akan diperingati pada tanggal 17 Agustus 2023 mendatang.

Dandim menambahkan, sebanyak 155 kantong darah terkumpul pada kegiatan kali ini, donor darah dapat merangsang terjadinya proses peremajaan sel-sel darah. Setelah mendonorkan darah hal ini justru baik, karena akan merangsang produksi sel-sel darah baru dan pada gilirannya membantu dalam menjaga kesehatan yang baik.

Selain itu, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian sosial dan rasa solidaritas segenap anggota TNI dan warga masyarakat, dalam membantu  ketersediaan stok darah yang ada di Palang Merah Indonesia Kabupaten Wonogiri.

Menurutnya, darah tersedia bagi yang membutuhkan dapat dipenuhi dengan kehadiran para pahlawan kemanusiaan, yakni para pendonor yang suka rela dan ikhlas menyumbangkan darahnya bagi kepentingan kemanusiaan sesuai dengan slogan ” Setetes sangat bermanfaat bagi sesama “.

” Semoga melalui kegiatan donor darah ini, dapat menambah dan memenuhi stok darah PMI, untuk dapat membantu saudara-saudara kita yang sedang membutuhkannya,” kata Dandim.

(Arda 72)