• Kam. Jul 18th, 2024

Tegas, Lugas dan Terpercaya

RSUD Jombang Beri Layanan Psikologi Offline dan Online untuk Anak dengan Kesulitan Belajar

ByPutra Bhayangkara

Jun 13, 2024

Jombang, -putrabhayangkara.com Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang kini menyediakan layanan psikologi yang lengkap untuk membantu anak-anak dengan kesulitan belajar. Layanan ini tersedia baik secara offline (tatap muka) maupun online.

Menurut psikolog RSUD Jombang, CH. Widayanti, S.Psi., M.Si., M.Psi., beberapa indikator anak dengan kesulitan belajar adalah pencapaian akademik yang rendah, kurangnya motivasi belajar, kesulitan membaca, menulis, dan berhitung, perilaku yang tidak adaptif, rentang perhatian pendek, dan minimnya komitmen untuk menyelesaikan tugas.

“Untuk mendiagnosis secara tepat, diperlukan pemeriksaan psikologi untuk mengetahui potensi psikologis anak, termasuk kemampuan kognitif dan kesulitan yang dihadapi,” jelas Widayanti.

RSUD Jombang menawarkan berbagai layanan psikologi, mulai dari deteksi dini, pemeriksaan psikologis mendalam, hingga intervensi yang tepat. Salah satu program intervensi unggulan adalah terapi psikomotorik dengan menggunakan Brain Gym untuk membantu anak dengan kesulitan belajar.

“Brain Gym adalah sistem berbasis gerakan sederhana yang mudah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan belajar, memproses informasi, dan merespon dunia dengan cara yang efektif dan menyenangkan,” jelas Widayanti.

Brain Gym menggunakan 26 gerakan spesifik yang dirancang untuk membantu otak bekerja lebih optimal. Gerakan-gerakan ini membantu meningkatkan koordinasi antara otak dan tubuh, yang dapat membantu anak dengan kesulitan belajar.

Layanan psikologi offline (tatap muka) di RSUD Jombang dapat diakses dengan datang langsung ke Poli Psikologi. Layanan ini tersedia pada hari Senin-Kamis pukul 07.00-12.30 WIB dan hari Jumat pukul 07.00-11.00 WIB.

Bagi yang ingin mendapatkan layanan psikologi online, RSUD Jombang menyediakan layanan gratis melalui website SIKONDE (Sistem Informasi, Konseling, Deteksi dini dan Edukasi Psikologi). Layanan ini menawarkan konsultasi, deteksi dini, tanya jawab, artikel, infografis, dan video yang dapat diakses di https://psikolog.rsudjombang.com.

“Sejak diluncurkan pada bulan Januari, layanan psikologi online RSUD Jombang telah diakses oleh lebih dari 45 ribu orang,” kata Widayanti.

RSUD Jombang berkomitmen untuk membantu anak-anak dengan kesulitan belajar agar mereka dapat mencapai potensi penuh mereka. Layanan psikologi yang komprehensif ini diharapkan dapat membantu anak-anak belajar dan berkembang dengan optimal.(Abs)