• Sel. Mei 21st, 2024

Prajurit Badak Hitam 511 Manfaatkan Lahan Tidur Dan Subur Untuk Kesejahteraan Masyarakat Di Perbatasan Papua

ByPutra Bhayangkara

Jul 2, 2023
Views: 12

Merauke Baidub,- Dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat, personel Satgas Pamtas RI-PNG Statis Yonif 511/DY Pos Bupul 12 memanfaatkan lahan tidur untuk dijadikan perkebunanan warga serta mengajarkan bagaimana cara bercocok tanam yang baik dan benar kepada masyarakat di Kampung Baidub, Bupul XII, Distrik Ulilin, Kabupaten Merauke, Minggu (02/07/2023).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 511/DY Letkol Inf Rully Noriza, S.I.P, M.I.P., dalam rilis tertulisnya di Pos Kotis mengatakan bahwa banyak sekali lahan tidur yang tidak diolah oleh masyarakat setempat sehingga kami dari Satgas berinisiatif untuk memanfaatkan lahan tidur yang ada untuk dijadikan lahan perkebunan warga.

“Hal tersebut merupakan wujud kepedulian kami dan juga untuk mensukseskan program ketahanan pangan di wilayah binaan perbatasan Papua. Maka saya perintahkan kepada seluruh jajaran pos-pos terkhususnya Pos Bupul 12, agar selalu hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan perkebunan sehingga dapat dimanfaatkan warga untuk bercocok tanam dan juga untuk meningkatkan perekonomian warga,” ucap Dansatgas Letkol Inf Rully Noriza, S.I.P., M.I.P.

Terpisah, Danpos Bupul 12 Serka Nanang Oki Mashuda menjelaskan bahwa “kami bukan hanya merubah lahan tidur menjadi lahan perkebunan saja tetapi kami juga mengajarkan kepada masyarakat binaan mencakup 3 hal yaitu tentang bagaimana cara menyiapkan lahan perkebunan serta bagaimana cara menggemburkan tanah, bagaimana cara menanam bibit sayuran yang baik dan benar serta kami juga mengajarkan bagaimana cara merawat tumbuh kembang sayuran sampai masa panen nantinya. Kami juga akan selalu mendampingi warga binaan kami untuk mengembangkan ilmu yang telah kami berikan,” jelas Danpos.

Bapak Anwar Sanusi Amri (39) selaku Bamuskam Kampung Baidub, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY karena sudah selalu hadir ditengah-tengah masyarakat dan menjadi solusi.

“Teruslah berbuat yang positif dan selalu membantu segala kesulitan warga, semoga kebaikan Bapak-bapak TNI Satgas Yonif 511/DY selalu diberkati oleh Tuhan YME,” ungkap Bapak Anwar.

(Tim/Red)