• Jum. Jun 14th, 2024

Posyandu Jiwa, Bentuk Kepedulian Pemdes Kedungwaru Terhadap Pasien ODGJ

ByPutra Bhayangkara

Jun 21, 2023

Putra Bhayangkara.com Tulungagung,- Posyandu jiwa merupakan kegiatan rutin pemdes Kedungwaru dalam menangani warganya yang mengalami gangguan jiwa.

Bertempat di balai desa Kedungwaru, Rabu (21/6/2023) pemdes Kedungwaru melaksanakan giat Posyandu Jiwa. Pelaksanaan posyandu yang bekerja sama dengan Puskesmas Kedungwaru dan para kader kesehatan desa ini dilakukan dalam rangka untuk memeriksa kesehatan bagi pasien ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa).

Mochamad Toha, S.Ag kepala desa Kedungwaru mengatakan kegiatan ini dilakukan agar angka jumlah pasien  ODGJ dapat berkurang. “Bagi yang menderita gangguan jiwa dapat sembuh kembali dan hidup yang produktif,” ucap Toha. “Dalam kegiatan ini ada 30 pasien dengan gangguang jiwa, Posyandu ini juga melaksanakan pengukuran tinggi badan dan berat badan,” paparnya.

Dalam kegiatan Posyandu jiwa ini didampingi oleh dr. Subianto dan bidan Lita. “Dari pihak Puskesmas selalu memberikan pendampingan kepada kader Posyandu kita,” terang Toha.

Lanjut Toha, jika ada ODGJ yang harus mendapatkan penanganan dan perawatan serta pengobatan selanjutnya maka dirujuk ke fasilitas kesehatan selanjutnya.
“Tujuan utama kegiatan ini selain sebagai bentuk penanganan awal bagi penderita gangguan jiwa tetapi juga sebagai upaya untuk gerakan ODGJ bebas pemasungan,” jelasnya.

Toha berharap melalui kegiatan ini pasien dengan gangguan jiwa dapat sembuh. “Melalui kegiatan ini diharapkan kesembuhan pasien gangguan jiwa tidak tergantung dengan obat-obatan saja namun juga mendapatkan dukungan keluarga dan masyarakat,” pungkasnya.(Edi)