• Sab. Feb 24th, 2024

Polresta Sorong Kota Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Mansinam-2023

ByPutra Bhayangkara

Jul 10, 2023

Kota Sorong PBD- Kapolresta Sorong kota Komisaris Besar polisi Happy Perdana S.IK, MH selaku Pimpinan apel gelar pasukan ops patuh mansinam 2023 polresta Sorong kota,yang bertempat di lapangan apel Mako Polresta Sorong kota Senin 10/07/2023.

Ikut menghadiri dalam pelaksanaan apel gelar pasukan ini yang dihadiri juga oleh Para pejabat utama polresta Sorong kota, Dinas perhubungan kota Sorong, jasa Raharja,Senkom serta para peserta apel gelar pasukan baik dari Pomal dan Pomad.

Selanjutnya kapolresta Sorong kota Kombes pol Happy Perdana S.IK , MH dalam amanahnya, menyampaikan “ucapan terimakasih kepada para tamu undangan yang telah hadir guna bersama-sama mengikuti kegiatan apel gelar pasukan ops patuh mansinam – 2023 polresta Sorong kota”.

Dalam arahannya Kapolresta Sorong kota membacakan amanatnya,bahwa dalam pelaksanaan operasi patuh mansinam – 2023 yang isinya yakni “apel gelar pasukan ini dimaksudkan untuk memeriksa kesiapan personil dan sarana prasarana sebelum pelaksanaan operasi 2023 di wilayah hukum Polda Papua barat dan lebih khusus di wilayah hukum Polresta Sorong kota, sesuai amanat undang – undang republik Indonesia no 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan polri khususnya polisi lalu lintas bersama pemerintah yang didukung instansi terkait dan pemangku kepentingan lainnya memiliki tanggung jawab untuk menjaga keamanan dan kelancaran arus lalu lintas,serta menurunkan angka kecelakaan pada lokasi kemacetan serta pelanggaran dan kecelakaan berlalulintas guna terciptanya dengan makna patuh dan tertib berlalu lintas adalah merupakan perwujudan serta tanggung jawab dari semua elemen masyarakat dalam mengemban dan meningkatkan moral bangsa yang di mulai dari setiap individu,keluarga dan kelompok masyarakat”.

Hal tersebut bertujuan untuk menurunkan Lokasi kemacetan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, sehingga terciptanya arus lalin yang aman dan kondusif khususnya terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan di wilayah Polda Papua barat seperti pada rencana kunjungan wapres R.2 yang nanti akan melaksanakan kunjungan di wilayah kota sorong Papua barat.

Seperti yang kita ketahui bersama saat ini tentunya memerlukan upaya dan kerja keras kita semua guna terciptanya situasi aman dan kondusif.

Sesuai dengan tema operasi patuh mansinam 2023 yakni tertib berlalu lintas menyelamatkan anak bangsa, yang terkandung makna bahwa disiplin berlalu lintas adalah merupakan perwujudan tanggung jawab semua elemen masyarakat demi masa depan bangsa.

Pada pelaksanaan operasi kepolisian dengan sandi operasi Mansinam 2023 dan di laksanakan selama 14 hari dan mulai terhitung pada hari ini tanggal 10 Juli 2023 sampai dengan tanggal 23 Juli 2023 serta didukung dengan penegakan hukum lalu lintas. Pelaksanaan operasi ini agar dapat menurunkan angka pelanggaran berlalu lintas serta memberikan teguran kepada pelanggaran secara manis dan humanis melalui upaya-upaya kegiatan preemtif dan preventif dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap perundang – undangan lalu lintas. Maka Polresta Sorong kota hari ini telah menggelar apel operasi kepolisian dengan sandi patuh mansinam 2023 yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia.

Sebelum mengakhiri amanat ini perlu saya tekankan kepada personil yang terlibat pada operasi patuh mansinam-2023 yang berada di Polresta Sorong kota agar dapat mempedomani hal-hal sebagai berikut :
– Pertama ; Selalu panjatkan doa kepada Tuhan Yang maha esa sebelum melaksanakan tugas.
– Kedua ; Utamakan patuh dan taat kepada peraturan lalu lintas serta tetap mempedomani SOP dalam melaksanakan tugas operasi.
– Ketiga ; Laksanakan kegiatan edukasi kepada sasaran melalui pintu yang diprioritaskan dalam rangka cipta kondisi saat ini akan ada kunjungan wakil presiden (RI.2) di kota sorong selama beberapa hari kedepan.
-Ke empat ; Lakukan kegiatan yang memberikan nilai positif,kepada masyarakat untuk meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat menuju polri yang presisi.
-Kelima ; Hindari tindakan yang kontra produktif serta sifat arogan sehingga dengan adanya polantas dapat di rasakan oleh seluruh lapisan masyarakat kota Sorong yang kita cintai bersama.
-Keenam ; Agar seluruh perwira dapat melaksanakan pengawasan dan pengendalian sehingga dapat memberikan nilai positif kepada masyarakat ketika di lapangan.

Selanjutnya Kapolresta Sorong kota juga mengharapkan kepada seluruh masyarakat kota Sorong agar dapat tertib, bisa sadar dan tujuan dari pada operasi ini yaitu agar keselamatan berlalu lintas di masyarakat bisa bisa dapat terwujud dengan baik,”harap Kapolresta Sorong kota Kombes pol Happy Perdana S.IK ,MH”.

(Tim/Red)