• Kam. Apr 18th, 2024

Polres Tulang Bawang Bersama Stakeholder Pantau Sejumlah Gereja Pada Misa Malam Natal 2023

ByPutra Bhayangkara

Des 25, 2023
Views: 5

 

Polres Tulang Bawang, Polda Lampung bersama stakeholder melakukan pemantauan secara langsung ke sejumlah gereja pada Misa Malam Natal 2023. Hal ini dilakukan guna memastikan rangkaian ibadah yang diselenggarakan umat nasrani dapat berjalan dengan lancar dan tanpa adanya gangguan.

Pemantauan gereja pada Misa Malam Natal 2023 ini dihadiri langsung oleh Pj. Bupati Tulang Bawang, Drs. Qudrotul Ikhwan, MM, Kapolres Tulang Bawang, AKBP Jibrael Bata Awi, SIK, yang diwakili oleh Kabag Ops, Kompol Abdul Mutolib, SH, Pasi Ops Kodim 0426 Tulang Bawang, Kapten Inf Arif Afuan, Komandan Satpom Lanud Pangeran M Bun Yamin, Kapten Pom Ilham Silas Prasaja, dan OPD Kabupaten Tulang Bawang.

“Hari Minggu (24/12/2023), sekitar pukul 17.50 WIB s/d pukul 20.00 WIB, saya mewakili Pak Kapolres bersama dengan Pj. Bupati dan stakeholder melakukan pemantuan secara langsung ke sejumlah gereja yang menggelar Misa Malam Natal 2023,” kata Kompol Mutolib, mewakili Kapolres Tulang Bawang, AKBP Jibrael Bata Awi, SIK, Senin (25/12/2023).

Lanjutnya, kegiatan pemantauan tersebut berlangsung di enam gereja yakni gereja HKBP Dame, Kampung Agung Dalem, gereja HKBP, Kampung Agung Dalem, Kecamatan Banjar Margo, GKPI, Kampung Dwi Warga Tunggal Jaya, GBI Siloam, Kampung Tunggal Warga, GKSBS, Kampung Dwi Warga Tunggal Jaya, Kecamatan Banjar Agung, dan Gereja Santo Yusuf Pekerja, Kampung Penawar Rejo, Kecamatan Banjar Margo.

“Kegiatan pemantaun secara langsung ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh rangkaian kegiatan Misa Malam Natal 2023 yang berlangsung di sejumlah gereja di Kabupaten Tulang Bawang berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur berjalan dengan aman dan lancar,” papar perwira dengan melati satu dipundaknya.

Kabag Ops menerangkan, pengamanan rangkaian Nisa Malam Natal 2023 di gereja, menjadi salah satu sasaran utama pada pelaksanaan Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin Krakatau 2023 yang berlangsung secara serentak di seluruh Indonesia.

“Operasi Lilin Krakatau 2023 ini berlangsung selama 12 hari mulai tanggal 22 Desember 2023 s/d 02 Januari 2024 yang terfokus pada pelaksanaan pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Sehingga setiap gereja yang menggelar Misa Malam Natal 2023 sudah terploting petugas pengamanan dari Polri bersama TNI dan organisasi masyarakat (Ormas),” terang orang nomor tiga di Polres Tulang Bawang.

Kompol Mutolib menambahkan, seluruh gereja yang menggelar kegiatan Misa Malam Natal 2023 yang ada di Kabupaten Tulang Bawang semuanya berjalan dengan aman, lancar dan kondusif. Ini semua karena warga masyarakat Kabupaten Tulang Bawang saat menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama. (*)