• Kam. Apr 18th, 2024

Polres Nganjuk Lakukan Sterilisasi Gereja Serentak Jelang Malam Natal 2023

ByPutra Bhayangkara

Des 24, 2023
Views: 5

 

Putra bayangkara.com – Nganjuk Kapolres Nganjuk AKBP Muhammad, S.H., S.I.K., M.Si., memberikan perintah tegas kepada jajarannya untuk melakukan sterilisasi gereja dan tempat-tempat ibadah umat Nasrani menjelang malam Natal 2023, Minggu (24/12/2023).

AKBP Muhammad menyebut kegiatan sterilisasi yang dilakukan jajaranya adalah upaya preventif dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Nganjuk. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa perayaan malam Natal berjalan dengan aman dan damai tanpa gangguan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Polres Nganjuk berkomitmen untuk memberikan rasa aman kepada seluruh umat Nasrani yang akan merayakan malam Natal di Kabupaten Nganjuk. Sterilisasi ini merupakan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang wajib dilakukan dengan terlebih dahulu dilaksanakan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi antara Polri ,TNI dan instansi terkait serta remaja gereja dan Pam swakarsa, guna mewujudkan suasana perayaan Natal yang sejuk aman, nyaman dan kondusif”.
Ungkap AKBP Muhammad.

Seperti halnya yang dilaksanakan Kapolsek Nganjuk Kota, Kompol Drs. Masherly Sutrisno mengatakan Petugas melakukan pemeriksaan terhadap seluruh ruangan di dalam gereja, termasuk ruang ibadah, ruang pastoran, dan ruang penyimpanan barang, pemeriksaan juga dilakukan terhadap lingkungan sekitar gereja.

Selain itu petugas juga melakukan pemantauan terhadap setiap kendaraan yang masuk dan keluar dari area gereja. Tindakan ini diambil sebagai langkah antisipasi terhadap potensi ancaman dari luar, sehingga keamanan dapat dijaga dengan maksimal.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan melaporkan setiap hal yang mencurigakan kepada petugas keamanan. Kerjasama dan partisipasi aktif masyarakat sangat diperlukan untuk menciptakan keamanan bersama,” tambahnya. (*/slm)