• Sab. Feb 24th, 2024

Polres Ciamis Hadiri Rakor Rakor Komisi D DPRD Kab. Ciamis terkait PPDB dan Sumbangan Dana Pendidikan dengan Saber Pungli

ByPutra Bhayangkara

Jun 21, 2023

Polres Ciamis Polda Jabar – Polres Ciamis Polda Jawa Barat menghadiri goat Rapat Kerja Komisi D Bidang Kesejahteraan Rakyat DPRD Kabupaten Ciamis terkait Tata Cara Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2023/2024 dan Sumbangan Dana Pendidikan. Kegiatan itu bertempat di Ruang Tumenggung Wiradikusumah, Kab. Ciamis, Jawa Barat, Rabu (21/6/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Kab. Ciamis, Waka Polres Ciamis/Ketua Satgas Saber Pungli Kabupaten Ciamis, Asda 3 Setda Kab. Ciamis, Ketua Komisi D DPRD Kab. Ciamis beserta anggota, Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Kantor Cabang Dinas Pendidikan Jawa Barat wilayah 13, H. Nunung Nurjamil (Dewan Pendidikan Kabupaten Ciamis), Kasiwas Polres Ciamis/Sekertaris Satgas Saber Pungli Kabupaten Ciamis, MKKS SMP Kab. Ciamis, Perwakilan Ketua Komite SMP dan Perwakilan Kepala Sekolah SMP.

Dalam kegiatan tersebut Ketua Komisi D DPRD Kab. Ciamis menyampaikan bahwa Satgas Saber Pungli Kabupaten Ciamis bertujuan untuk mencegah segala potensi terjadinya pungutan liar di wilayah Kabupaten Ciamis. Selanjutnya dalam rangka menghadapi isue terkait sumbangan dan pungutan di dunia Pendidikan.

“Tim Satgas Saber Pungli Kabupaten Ciamis melaksanakan koordinasi dan komunikasi dengan segala pihak dalam rangka mencegah terjadinya pungutan liar dilingkungan Pendidikan khususnya di wilayah Kabupaten Ciamis,” ujarnya.

Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, SH., S.I.K., M.T., melalui Waka Polres Ciamis/Ketua Satgas Saber Pungli Kabupaten Ciamis mengatakan rakor ini bertujuan untuk mencegah segala potensi terjadinya pungutan liar diwilayah Kabupaten Ciamis dan mengharapkan mampu mengurangi perilaku negatif antara pelayan masyarakat dengan masyarakat.

“Kami menyarakan untuk dilakukan koordinasi dan kesepakatan terlebih dahulu sebelum menentukan sesuatu yang akan dilakukan karena apabila sudah diadakan kesepakatan maka tidak akan muncul pengaduan dan sebaiknya dipergunakan untuk kepentingan umum bukan untuk kepentingan pribadi, dibutuhkan dengan jumlah yang jelas sesuai dengan rapat dan kesepakatan bersama serta segala bentuk hal juga sesuatunya dapat dipertanggung jawabkan,” ucapnya.

Rakor ini menegaskan komitmen kuat dari pemerintah daerah untuk memberantas pungli secara tuntas. Dalam menghadapi tantangan tersebut, kerjasama dan koordinasi antarinstansi menjadi kunci keberhasilan.

Selain itu, giat tersebut juga dilakukan untuk mencari informasi sekaligus menyampaikan himbauan agar bersama-sama dengan Polri menjaga kondusifitas kamtibmas lingkungannya masing masing sehingga semua lapisan masyarakat merasa aman dan nyaman.

Adapun beberapa himbauan yang diberikan diantaranya, menyampaikan pesan kepada warga masyarakat untuk antisipasi C3, dan tindak pidana lainnya yang meresahkan masyarakat.

“Apabila ada indikasi gangguan kamtibmas agar menyampaikan atau melaporkan ke Bhabinkamtibmas atau Babinsa,” pungaksnya.

#KapolresCiamis
#POLRESCIAMISPOLDAJABAR
*HUMAS POLRES CIAMIS*