• Sen. Jul 15th, 2024

Polres Blitar Melakukan Pembinaan Rohani dan Ceramah bagi Tahanan

ByPutra Bhayangkara

Jul 20, 2023

Blitar, putrabhayangkara.com Polres Blitar tidak hanya memberikan pembinaan rohani kepada anggota, namun juga secara konsisten memberikan pembinaan rohani dan ceramah bagi para tahanan yang berada di Polres Blitar. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Satuan Tahanan dan Barang Bukti (Sat Tahti) serta Satuan Binmas Polres Blitar yang saling berkolaborasi untuk memberikan pencerahan rohani bagi jamaah tahanan. Kamis 20 Juli 2023.

AKBP Anhar Arlia Rangkuti, S.I.K selaku Kapolres Blitar melalui Kasat Tahti Polres Blitar, Iptu Eko, menyatakan bahwa kegiatan pembinaan rohani dan ceramah ini dilaksanakan secara rutin setiap Kamis pagi. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan hidayah dan edukasi kepada para tahanan, agar mereka dapat mengambil hikmah dari peristiwa yang menjerat mereka dan berupaya memperbaiki diri untuk masa depan yang lebih baik.

“Kami percaya bahwa pembinaan rohani dapat memberikan dampak positif bagi para tahanan. Selain memberikan pandangan rohani yang lebih baik, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pencerahan tentang kesalahan yang telah dilakukan dan harapan untuk memperbaiki diri ke depan,” ungkap Iptu Eko.

Pembinaan rohani yang diberikan tidak hanya berfokus pada aspek agama tertentu, tetapi juga mencakup nilai-nilai kemanusiaan dan kebajikan yang bersifat universal. Hal ini dilakukan agar pesan-pesan yang disampaikan dapat mencapai dan dirasakan oleh semua tahanan, tanpa memandang latar belakang agama atau kepercayaan mereka.

Tak hanya itu, kolaborasi antara Sat Tahti dan Sat Binmas Polres Blitar dalam kegiatan pembinaan rohani ini menunjukkan komitmen pihak kepolisian untuk memberikan perhatian dan dukungan penuh bagi rehabilitasi sosial dan spiritual para tahanan. Dengan memberikan perhatian dan pembinaan yang baik, diharapkan tahanan dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih siap menghadapi kehidupan setelah masa hukuman mereka berakhir.

Kegiatan ini juga mendapat respon positif dari para tahanan. Beberapa di antaranya menyatakan bahwa pembinaan rohani dan ceramah tersebut memberikan motivasi dan inspirasi untuk melakukan perubahan positif dalam kehidupan mereka.

Diharapkan, melalui program pembinaan rohani yang terus dilaksanakan dengan konsisten, Polres Blitar dapat berkontribusi secara signifikan dalam membentuk karakter dan mental yang lebih baik bagi para tahanan, serta membantu mereka untuk bertaubat dan mengambil jalan hidup yang lebih terarah dan bermanfaat bagi masyarakat setelah mereka bebas dari masa tahanan.( Marlin,MPB-Sumber Humas Polres Blitar.)