• Kam. Des 7th, 2023

Polres Banjar Gelar Apel Besar Para Ketua Sat Kamling Se-Kota Banjar

ByPutra Bhayangkara

Jun 21, 2023

Kota Banjar, putrabhayangkara.com.Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo,S.H.,S.I.K.,M.M. memimpin Apel Besar Para Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Sat Kamling) Se-Kota Banjar di lapangan apel Mapolres Banjar. (21/06/2023)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wali Kota Banjar Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., Perwakilan Dandim 0613/Ciamis, perwakilan Kajari Kota Banjar. Para pejabat Utama Polres Banjar dan para perwira, personel Polres Banjar, Personel Lapas, Personel Polhut, gabungan Linmas, dan para Ketua Sat Kamling seluruh kota Banjar.

Sat Kamling merupakan satuan masyarakat pengemban fungsi Kepolsian yang diadakan oleh masyarakat atas dasar keinginan kesadaran dan kepentingan masyarakat untuk menjaga keamanan lingkungan.

Dalam amanatnya Kapolres Banjar pengemban fungsi tugas Kepolisian selain Polri yakni Polsus, PPNS, dan Bentuk-bentuk Pam Swakarsa di antaenya Sat Kamling.

“Apel Besar ini sebagai momentum untuk membentuk partnership building yang erat Polri dengan masyarakat sebagai pengamanan swakarsa. Dalam menghadapi permasalahan yang mungkin terjadi di masyarakat, serta menjelang pengamanan Pemilu 2024.” Ucap Kapolres Banjar.

Lebih lanjut Kapolres Banjar mengatakan Polres Banjar telah melaksanakan penilaian Sat Kamling se-Kota Banjar. Dengan Pos Sat Kamling di Desa Langensari menjadi juara 1 dan menjadi perwakilan Polres Banjar untuk penilaian pada tingkat Polda Jabar.

“Pos Sat Kamling tersebut meraih juara Harapan 1 tingkat Polda Jabar. Ini Kita jadikan motivasi untuk Pos-Pos Sat Kamling yang lain untuk lebih lebih pro aktif lagi dan meningkatkan lagi kegiatan Sat Kamling di lingkungannya masing-masing.” Ucap Kapolres Banjar.

Sementara itu Ditemui Setelah Kegiatan, Wali Kota menyampaikan bahwa apel satkamling ini dilaksanakan untuk memantapkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa atau mandiri.

Menurutnya, keberhasilan dalam menciptakan situasi kondusif tidak terlepas dari besarnya partisipasi seluruh masyarakat serta Pemerintah Kota Banjar Forkopimda bersma Jajaran TNI Polri.

“Kondusifitas di Kota Banjar sangat terjaga, ini membuktikan adanya sinergitas yang baik di Kota Banjar dalam menjaga Kamtibmas di Lingkungan Masyarakat. Dalam menghadapi tahun politik pada 2024 nanti, saya yakin, masyarakat sudah cerdas, namun demikan antisipasi serta upaya pencegahan harus dilakukan sedini mungkin, sehingga tahun politik dapat dilalui dengan aman serta kondusif. “Pungkas Wali Kota.Red.Aditya A P