• Sab. Apr 20th, 2024

Polres Aceh Selatan gelar Apel Serentak Ketua Satkamling

ByPutra Bhayangkara

Jun 21, 2023
Views: 8

Tapaktuan.Putrabhayangkara.Com.

Polres Aceh Selatan menggelar Apel Serentak Ketua Satuan Keamanan Lingkungan ( Satkamling ),
dalam rangka memantapkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa menghadapi pemilu serentak tahun 2024.
Rabu 21-6-2023

Apel Serentak Ketua Satkamling berlangsung di Aula Bharadaksa Polres Aceh Selatan, yang dihadiri oleh Kapolres Aceh Selatan AKBP Nova Suryandaru SIK., Bupati Aceh Selatan yang diwakili oleh Asisten I Kamarsyah S.Sos.,MM., Dandim 0107/Asel diiwakili Pasi Ops Kapten Inf Rahman, Ketua DPRK Amiruddin, Para PJU dan Kapolsek dalam jajaran Polres Aceh Selatan.Sedangkan Peserta upacara diikuti oleh Polisi RW/Dusun,Bhabinkamtibmas,Para Ketua Satkamling,Satpol PP, dan Linmas

Kapolres Aceh Selatan selaku pimpinan Apel dalam amanatnya mengatakan ” Apel ini untuk melihat kesiap siagaan dan upaya meningkatkan pam swakarsa, guna menjamin keamanan yang aman kondusif.

Satkamling adalah Garda terdepan disetiap lingkungan RT / RW, oleh karena itu kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning ( peringatan dini ) terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang Prediktif.

Keberhasilan dalam menciptakan situasi aman kondusif tidak terlepas dari besarnya partisipasi seluruh masyarakat baik yang berupa kelompok Satkamling ataupun kelompok potensi masyarakat lainnya. Ucapnya.

Selain itu, Kapolres berpesan kepada anggota Satkamling agar senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma dan etika pelaksanaan tugas, tanamkan bahwa fungsi kepolisian terbatas non yustisi yang diemban merupakan sebuah kehormatan karena kehadiran Satkamling juga merupakan representasi Polri ditengah masyarakat dan kepada seluruh Bhabinkamtibmas agar bisa menjadi motor penggerak aktivitas komponen masyarakat dalam menciptakan keamanan desa dan lingkungan.

‘’Di tengah keterbatasan personel, maka peran masyarakat juga sangat vital sekali dalam mewujudkan hal itu. Sinergitas antara masyarakat dan Bhabinkamtibmas harus terus ditingkatkan dengan melakukan kegiatan pam swakarsa’’ Imbuhnya.(jon)