• Jum. Jun 14th, 2024

Polda Sulsel Gelar Tradisi Penyerahan Air Suci Untuk Pencucian Pataka Dalam Rangka HUT Bhayangkara Ke-77

ByPutra Bhayangkara

Jun 14, 2023

Polda Sulsel menggelar acara tradisi Penyerahan Air Suci untuk pencucian Pataka Polda Sulsel dan Panji-Panji Kepolisian. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan yang digelar Polda Sulsel dalam rangka Peringatan Hari Bhayangkara Ke-77 Tingkat Polda Sulsel.

Acara tradisi penyerahan air suci dipimpin langsung oleh Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol. Drs. Setyo Boedi Moempoeni Harso.,SH.,M.Hum di Mapolda Sulsel pada Rabu (14/6/2023). Untuk proses pengambilan air suci dilakukan personil Sat Brimob Polda Sulsel.

Air Suci tersebut diambil dari sumber mata air (sumur) yang terletak di wilayah Kab. Gowa Prosesi pengambilannya menggunakan tradisi adat sebagai bentuk penghormatan terhadap kearifan lokal yang berlaku.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Sulsel Kombes Pol Komang Suartana mengungkapkan, air suci yang diambil tersebut akan digunakan untuk pensucian Pataka Polda Sulsel “Pallawa Lipu”. Sebagian juga akan dikirim ke Mabes Polri untuk disatukan dengan air dari seluruh Polda di Indonesia untuk pensucian Panji-Panji Kepolisian di Mabes Polri.

Dikatakan pula, adapun makna yang terkandung dalam kegiatan tradisi pensucian Pataka adalah sebagai bentuk pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata dan menjadi simbol menyucikan serta pembersihan diri.

“Hal ini juga mejadi momentum introspeksi bagi seluruh anggota Polri. Sekaligus sebagai pengingat bahwa ada nilai-nilai luhur yang harus dipedomani dan ada tugas mulia yang diamanatkan masyarakat dan negara kepada seluruh insan Bhayangkara” ungkap Kombes Komang.