• Sab. Mei 18th, 2024

Polda Sulbar Terima Sosialisasi Penyegaran Pemahaman Hak Asasi Manusia dari Sahlijemen Kapolri

ByPutra Bhayangkara

Nov 2, 2023
Views: 17

 

Polda Sulbar – Kepolisian Daerah Sulawesi Barat menerima kunjungan kerja dari staf ahli manajemen (Sahlijemen) terkait sosialisasi penyegaran hak asasi manusia (HAM) bagi anggota Polri.

Sosialisasi penyegaran hak asasi manusia (HAM) yang berlangsung di Aula Marannu Mapolda Sulbar itu dihadiri langsung oleh Wakapolda Brigjen Pol Rachmat Pamudji, Irwasda, para pejabat utama dan seluruh personel yang dilibatkan, Kamis (2/11/23).

Wakapolda Sulbar saat membuka kegiatan tersebut juga sedikit mengingatkan seluruh personel bahwa dalam Catur Prasetya menjaga keselamatan jiwa raga, harta benda dan hak asasi manusia adalah bagian tugas pokok Polri.

Untuk itu pihaknya berharap melalui kegiatan ini peningkatan literasi dan penguatan pengetahuan HAM seluruh personel di Polda Sulbar semakin baik sehingga dapat menumbuhkan rasa percaya diri dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

Sementara itu, Irjen Pol Adi Deriyan Jayamarta ketua tim Sahlijemen Kapolri dalam arahannya menjelaskan setiap tindakan Kepolisian haruslah dapat berimplikasi pada keselamatan manusia secara utuh, selamat jiwa dan hartanya serta terjaminnya hak-hak yang sudah melekat pada manusia sejak lahir.

Bersamaan itu, pihaknya juga menyebutkan bahwa tujuan dilaksanakan sosialisasi ini agar seluruh anggota Polri dapat memahami prinsip-prinsip HAM dan dalam pelaksanaan tugas harus tetap menjunjung tinggi HAM.

Polri sebagai institusi yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi dan Berkeadilan) dalam pelaksanaan tugas harus senantiasa bertindak berdasarkan norma-norma yang ada seperti norma hukum, kesusilaan sebagai upaya menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia, tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dibuka forum tanya jawab sehingga semakin membuka wawasan seluruh personel agar semakin pekah dan memahami betul hak-hak asasi manusia.

Humas Polda Sulbar/Rzl81