• Kam. Apr 18th, 2024

Pimpin Upacara Hari Bhayangkara ke-77, Ini Harapan Kapolres Bengkayang

ByPutra Bhayangkara

Jul 1, 2023
Views: 7

Bengkayang, Kalbar – Kepala Kepolisian Resor Bengkayang Polda Kalbar AKBP Dr. Bayu Suseno, S.H., S.I.K., M.M., M.H. memimpin Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-77 di Halaman Mapolres Bengkayang, Sabtu (1/7/23) pagi.

Hadir dalam upacara tersebut Wakil Bupati Bengkayang, Ketua DPRD Kab. Bengkayang, Dandim 1202 Singkawang, Danlanud Harry Hadisoemantri, Sekda Kab. Bengkayang, Kepala Dishub Kab. Bengkayang, Kepala Rutan Kelas II B Bengkayang, Kepala BNN Bengkayang, Pengadilan Agama Bengkayang, Danki C 645 GTY Bengkayang, Danki B YON ZIPUR 6/SD 1, Danramil 01 Bengkayang, Kepala Satpol Pp Bengkayang, Pju Polres Bengkayang beserta Kapolsek Jajaran, Personel Polres Bengkayang dan Mitra Polri lainnya.

Dalam amanatnya Kapolres mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-77 kepada seluruh personel Polri dan memberikan penghargaan atas kerja keras Polri dalam melayani rakyat dan dalam membela bangsa dan negara.

“Saya dan seluruh rakyat Indonesia khususnya di Kabupaten Bengkayang menaruh harapan besar kepada Polri. Kewenangan Polri sangat besar. Organisasi Polri menembus sampai tingkat desa dan setiap hari anggota Polri besentuhan langsung dengan masyarakat,” ujar Kapolres.

Ia juga menerangkan bahwa tugas yang diemban Polri cukup berat dan masih banyak lagi yang harus dituntaskan. Pertama mengenai pandemi Covid-19 masih perlu penanganan yang serius, kedua mengenai krisis energi, krisis pangan, dan krisis keuangan, dan ketiga harus semakin siap dalam menghadapi ancaman kejahatan berbasis teknologi terbaru.

“Polri harus lebih maju dibanding pelaku kejahatan, Polri harus terus berinovasi dan meningkatkan penguasaan teknologi,” jelasnya.

Lebih dalam Kapolres menjelaskan bahwa saat ini sudah memasuki agenda besar demokrasi Pilkades, Pileg, Pilpres, dan Pilkada serentak yang tentunya harus diantisipasi dengan baik. Berikan dukungan kamtibmas secara maksimal agar pesta demokrasi ini bisa berjalan dengan aman dan lancar.

Kapolres berpesan kepada personelnya tentang rasa keadilan dan kemanfaatan hukum yang harus dirasakan oleh masyarakat. Personel Polri harus mengedepankan upaya pencegahan dalam menjaga kamtibmas.

“Lakukan berbagai tindakan pemolisian dengan humanis, namun tegas ketika diperlukan dan jadikan penegakan hukum sebagai upaya terakhir harus taat prosedur dan menjunjung tinggi hak asasi manusia,” pungkasnya.

Terakhir Kapolres mengajak untuk berdoa bersama-sama. Semoga Bhayangkara Polri yang gugur dalam tugas diberikan tempat yang mulia di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Semoga seluruh personel Polri dan keluarganya senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan.

Adapun setelah selesainya pelaksanaan upacara, dilaksanakan peragaan Tari Kearifan Lokal yang dilaksanakan oleh Personel TNI dan Polri di Halaman Mapolres Bengkayang dengan disaksikan tamu undangan serta peserta upacara lainnya.

Kemudian dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada pemenang lomba dalam rangkaian memeriahkan hari Bhayangkara ke-77 dan pemberian penghargaan kepada anggota polri yang berprestasi dalam mengungkap kasus yang terjadi di wilayah hukum Polres Bengkayang.