• Kam. Apr 18th, 2024

Penghujung 2023, Lembaga KAMPUD Gelar Baksos Dan Penyuluhan Di Desa Karang Anyar

ByPutra Bhayangkara

Des 23, 2023
Views: 5

Lampung, Lembaga Komite Aksi Msyarakat dan Pemuda Untuk Demokrasi (KAMPUD) menggelar serangkaian acara dipenghujung tahun 2023, adapun acara tersebut berupa Bhakti sosial donor darah dan penyuluhan, yang dipusatkan di Gedung Serba Guna (GSG) Desa Karang Anyar, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, pada Sabtu (23/12/2023).

Acara Bhakti sosial berupa donor darah ini bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Metro, dan menerjunkan tim penyuluh dari Puskesmas Karang Anyar terkait antisipasi dan pencegahan penyakit Tuberkulosis (TBC).

Hadir dalam acara yang bertajuk, “meningkatkan partisipasi dalam pembangunan masyarakat”, yaitu Camat Jatiagung, Firdaus Adam, S.Stp. MM, Kepala Desa Karang Anyar, Sumanto, Kepala UPTD Puskesmas Karang Anyar, yang diwakili oleh dr. Wulan dan juga sebagai pemateri tentang pencegahan penyakit TBC, Ketua Umum DPP KAMPUD, Seno Aji, S.Sos, M.H, tim dari PMI Kota Metro, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan tokoh adat Desa Karang Anyar.

Kepala Desa Karang Anyar, Sumanto dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih, dan apresiasi atas dilaksanakannya acara Bhakti sosial dan penyuluhan di GSG Balai Desa setempat.

“Desa Karang Anyar memiliki 17 Dusun yang hari ini seluruh kepala Dusun turut hadir dalam acara yang digelar oleh Lembaga KAMPUD, tentunya ini menjadi momen penting Pemerintah Desa Karang Anyar untuk menyampaikan program desa yang telah berhasil dilaksanakan dan program unggulan desa, dengan anggaran dana Desa yang cukup terbatas, Alhamdulillah mampu mewujudkan Pemerataan pembangunan infrastruktur di 17 Dusun yang secara geografis wilayah cukup luas, kemudian dalam sektor kesehatan kita terus bahu-membahu bersama Puskesmas Karang Anyar untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga angka stunting di tahun 2023 dapat ditekan dan tersisa hanya 4, harapannya tahun 2024 tidak ada lagi angka stunting, hal ini tentunya berkat dukungan dan partisipasi seluruh lapisan masyarakat khususnya Desa Karang Anyar”, terang Sumanto.

Sementara, Ketua Umum DPP KAMPUD, Seno Aji, S.Sos, M.H memberikan harapan atas terselenggaranya agenda Bhakti sosial dan penyuluhan yang bekerjasama dengan Pemerintah Desa Karang Anyar, Puskesmas Karang Anyar dan PMI Kota Metro.

“Acara Bhakti sosial donor darah dan penyuluhan ini sebagai wujud pengabdian insan KAMPUD dalam rangka membantu Pemerintah dan sebagai mitra Pemerintah guna meningkatkan partisipasi pembangunan masyarakat yang berkesinambungan, karena Lembaga KAMPUD sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat yang bersifat independen dan memiliki fungsi kontrol sosial, serta memberikan pendampingan publik, tentunya tetap harus berkolaborasi dengan semua pihak demi memajukan pembangunan dalam segala sektor khususnya pembangunan masyarakat demi kepentingan Bangsa dan Negara, harapannya kehadiran Lembaga KAMPUD dapat benar-benar dirasakan oleh Masyarakat”, kata Seno Aji.

Beliau juga berpesan kepada seluruh anggota dan pengurus Lembaga KAMPUD baik itu DPP KAMPUD dan DPD KAMPUD Kabupaten Lampung Selatan terus menjaga kekompakan dan eksistensinya dalam wujud pengabdian.

“Terus jaga kekompakan dan semangat karena Indonesia sebagai negara demokrasi sangat membutuhkan peran serta masyarakat dalam mewujudkan dan memeratakan pembangunan sebagaimana yang telah dilakukan dan diinisiasi oleh Lembaga KAMPUD hari ini dengan menyelenggarakan kegiatan Bhakti sosial dan penyuluhan dibidang kemanusiaan dan kesehatan”, pungkas Seno Aji yang dikenal low profil.

Kemudian sambutan Ketua Pelaksana acara Ardiansyah Armi yang juga merupakan ketua DPD KAMPUD Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) menyampaikan bahwa dengan adanya agenda Bhakti sosial dan penyuluhan oleh Lembaga KAMPUD maka harapannya eksistensi organisasi di tengah-tengah masyarakat dapat dirasakan.

“Semoga dengan berlangsungnya acara bhakti sosial dan penyuluhan ini, dapat membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan, melalui Pemerintah Desa Karang Anyar dalam menumbuhkembangkan pembangunan dalam bidang sosial”, timpal Ardi.

Diakhir sambutannya, Ardiansyah Armi menyampaikan kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungannya, sehingga acara Bhakti sosial dan penyuluhan dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Untuk diketahui, acara yang ditutup dengan penyerahan sejumlah plakat penghargaan oleh Lembaga KAMPUD kepada Camat Jatiagung, Pemerintah Desa Karang Anyar, dan UPTD Puskesmas Karang Anyar serta PMI Kota Metro berhasil mengumpulkan sekitar 28 kantong darah. (*)