• Sel. Mei 21st, 2024

Pemkab Humbahas Laksanakan Kick off Meeting Pembuatan dan Pelaksanaan KLHS Perubahan RPJMD 2021-2026

ByPutra Bhayangkara

Mei 4, 2023
Views: 22

Humbang Hasundutan-Sumut.

Putrabhayangkara.com
Kamis 04/05/2023

Pemerintah Humbang Hasundutan melalui Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan Kick Off Pembuatan dan Pelaksanaan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2021-2023 (4/5) di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Perkantoran Bukit Inspirasi, Doloksanggul.

Kick off Meeting ini dibuka secara resmi oleh Sekda Drs. Tonny Sihombing, MIP dan dihadiri mewakili Kapolres Humbahas, Kabag Ren Kompol Jhonson Managara Sitompul dan diikuti OPD Terkait. Hadir sebagai pembicara dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara, Laksana Umanda Sitanggang dan Imelda Elisabeth Silaban serta Tim Pembuat KLHS Perubahan RPJMD Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2021-2026, Sondang Simamora, Geniusmaniat Laia, Sehenpi Laia.

Dalam sambutannya Sekda Drs. Tonny Sihombing, MIP menyampaikan KLHS ini disusun sebelum dirumuskannya Perubahan RPJMD yang difokuskan pada pencapaian target tujuan pembangunan berkelanjutan dengan mengakomodir isu strategis mencakup lingkungan hidup, ekonomi, sosial, hukum dan tata kelola.

Penyusunan Perubahan RPJMD yang berkualitas berwawasan lingkungan hidup dan berkelanjutan mewajibkan pemerintah melaksanakan KLHS yang merupakan salah satu instrumen pencegahan pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup.

Hasil KLHS Perubahan RPJMD Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2021-2026 harus dijadikan dasar bagi kebijakan, rencana dan program pembangunan di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Perubahan RPJMD ini juga menjadi dasar kebijakan pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya yang ada harus disiapkan secara matang, sehingga pemerataan peningkatan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, peningkatan akses dan daya dalam pelayanan publik serta daya saing daerah dapat dirumuskan.

Pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan Kick Off karena jika dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab dapat dipastikan perencanaan pembangunan sudah mempertimbangkan moral dan kaidah partisipatif (aspirasi masyarakat).

Diharapkan agar kegiatan Kick Off meeting Pembuatan dan Pelaksanaan KLHS Perubahan RPJMD 2021-2026 bisa berjalan dengan baik dan lancar sehingga menghasilkan sebuah KLHS Perubahan RPJMD Tahun 2021-2026.

Frish H Silaban