• Kam. Jul 18th, 2024

Tegas, Lugas dan Terpercaya

Pejantan Tangguh”: Inovasi Unggulan Humbang Hasundutan

ByPutra Bhayangkara

Jun 12, 2024

 

Humbang Hasundutan, Sumut. Putrabhayangkara.com Rabu 12 Juni 2024.

Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) kembali menunjukkan kepiawaiannya dalam menciptakan inovasi daerah dengan memperkenalkan program “Pejantan Tangguh” (Pelayanan Berkelanjutan Inseminasi Buatan dan Tekan Gangguan Reproduksi dengan Sinkronisasi Birahi). Program ini merupakan hasil inisiatif dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Humbahas dan telah mendapat pengakuan di tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Inovasi “Pejantan Tangguh” telah berhasil masuk ke dalam tahap substansi pertama dalam penilaian Inovasi Daerah oleh Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Provinsi Sumatera Utara. Proses penilaian yang mencakup presentasi dan wawancara ini berlangsung di ruang rapat Bappelitbang Sumut di Jalan Diponegoro, Medan, dan melibatkan berbagai kategori dari perangkat daerah kabupaten/kota.

Pada presentasi tersebut, hadir Plh Sekda Jaulim Simanullang, Kadis Peternakan dan Perikanan Parman Lumbangaol, Kepala Bidang Peternakan Basthian T.P. Sihombing, dan beberapa pejabat lainnya. Dari total 226 inovasi yang berasal dari berbagai kabupaten dan kota, “Pejantan Tangguh” berhasil menembus 10 besar inovasi terbaik, menandakan pengakuan atas keunggulan program ini.

Program “Pejantan Tangguh” memiliki tujuan utama untuk meningkatkan angka kelahiran ternak kerbau dan sapi, memperbaiki mutu genetik ternak, serta mengatasi masalah kelangkaan pejantan. Selain itu, inovasi ini juga bertujuan untuk mengurangi gangguan reproduksi ternak, mengoptimalkan kinerja petugas inseminator, dan pada akhirnya meningkatkan pendapatan masyarakat.

Sejak diluncurkan, program ini telah menunjukkan hasil yang mengesankan. Dari tahun 2022 hingga 2023, tercatat sebanyak 180 ekor ternak kerbau dan sapi lahir melalui inseminasi buatan. Selain itu, terdapat 60 ekor ternak bunting yang diprediksi akan lahir pada tahun 2024.

Inovasi “Pejantan Tangguh” ini diharapkan dapat terus berkontribusi pada pengembangan sektor peternakan di Kabupaten Humbahas dan menjadi model bagi daerah lain dalam mengatasi tantangan di bidang peternakan.

Dengan keberhasilan ini, Kabupaten Humbang Hasundutan tidak hanya menunjukkan kemampuan dalam berinovasi, tetapi juga komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program-program yang berkelanjutan dan berdampak nyata.

By: Media Putra Bhayangkara Tapanuli Raya.

Frish H Silaban