• Sab. Feb 24th, 2024

Peduli Lingkungan, Dit Polairud Polda Kaltim Bersama Murid SMP IT Insan Mulia Bersihkan Pesisir Pantai Banua Patra Balikpapan

ByPutra Bhayangkara

Agu 13, 2023

Balikpapan, www.putrabhayangkara.com

Dit Polairud Polda Kaltim mengambil inisiatif untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan aksi pembersihan sampah di pesisir pantai Banua Patra, Balikpapan, Minggu (13/8/2023).

Dalam aksi bersih pantai tersebut personil Dit Polairud Polda Kaltim bergotong-royong bersama 26 siswa-siswi SMP IT Insan Mulia Balikpapan membersihkan sampah yang tersebar di sepanjang pesisir pantai Banua Patra.

Sampah-sampah seperti plastik, botol, dan limbah non-biodegradable lainnya berhasil dikumpulkan dan diangkut untuk selanjutnya diolah secara tepat sesuai pedoman pengelolaan limbah.

Tidak hanya membersihkan pantai, personil Polair juga mengambil kesempatan ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang dampak buruk sampah plastik terhadap ekosistem laut dan lingkungan secara keseluruhan.

Mereka menjelaskan pentingnya mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan mendaur ulang, serta bagaimana tindakan kecil seperti membuang sampah pada tempatnya dapat mencegah pencemaran lingkungan.

Kombinasi aksi bersih pantai dan edukasi sampah pesisir ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan pantai di Balikpapan. Dit Polairud Polda Kaltim berharap bahwa langkah mereka ini dapat menginspirasi masyarakat luas, terutama generasi muda, untuk turut serta dalam menjaga dan melestarikan lingkungan pesisir yang indah dan berharga.

Humas Polda Kaltim/4bay