• Rab. Mei 22nd, 2024

Pangkoarmada III Resmikan Gedung Pos Angkatan Laut Skouw Sae di Perbatasan RI Dan PNG

ByPutra Bhayangkara

Jul 8, 2023
Views: 13

Jayapura Papua – Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi meresmikan Gedung Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Skouw Sae yang terletak di Kampung Skouw Sae Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Papua. Sabtu, (08/07/2023).

Diawali dengan pernyataan dan penekanan tombol sirene serta penandatangan prasasti oleh Pangkoarmada III yang didampingi Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono dan dengan terbukanya selubung nama Posal Skouw Sae menandai gedung baru Posal yang berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini resmi beroperasi.

Posal Skouw Sae ini berdiri di atas tanah milik TNI AL dengan luas 0,76 hektar, lokasinya sangat strategis karena langsung menghadap kearah samudera Pasifik dan berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini. Keberadaan Posal ini menjadi sangat strategis dan dapat dijadikan sebagai mata dan telinga TNI AL dalam hal ini Lantamal X Jayapura dalam pengawasan dan pengamanan perbatasan, khususnya perbatasan laut.

Pada kesempatan itu, Pangkoarmada III juga meninjau sarana dan prasarana yang dimiliki Posal dalam menunjang tugas pokok peran dan fungsi sebagai elemen terkecil dalam strata gelar Pangkalan TNI Angkatan Laut.

Pangkoarmada III mengatakan bahwa Posal mempunyai tugas pokok mengumpulkan informasi dan selanjutnya disampaikan ke satuan atas untuk dikaji dan dievaluasi sebagai data masukan untuk pengambilan keputusan, baik dalam tingkat taktis operasi maupun strategis.

Selain itu, bertanggung jawab terhadap keamanan Laut serta pemberdayaan dan pemanfaatan potensi maritim yang berada diwilayahnya. Posal juga harus mempunyai peranan langsung dan bermanfaat terhadap lingkungan sekitar, serta bersinergi dengan instansi terkait dalam melaksanakan pembinaan masyarakat dan potensi maritim diwilayahnya sebagai wujud peran nyata keberadaan Posal,” Pungkas Panglima.

(Tim/Red)