• Sab. Apr 20th, 2024

Operasi Patuh Lodaya 2023, Kapolres Ciamis: Tekan Angka Pelanggaran dan Kecelakaan Lantas

ByPutra Bhayangkara

Jul 10, 2023
Views: 6

Polres Ciamis Polda Jabar – Polres Ciamis Polda Jabar melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Patuh Lodaya 2023. Apel gelar pasukan ini dilaksanakan di halaman Mako Polres Ciamis, Jalan Jend. Sudirman No.271, Sindangrasa, Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (10/7/2023).

Apel gelar pasukan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, SH., S.I.K., M.T., dan diikuti oleh puluhan personel gabungan TNI-Polri serta instansi terkait. Tampak hadir pula Wakapolres Ciamis Polda Jabar Kompol Apri Rahman, SE., dan seluruh pejabat utama Polres Ciamis Polda Jabar.

Adapun peserta apel sendiri terdiri dari gabungan personel satuan fungsi Polres Ciamis Polda Jabar. Tak hanya itu, turut serta hadir anggota Kodim 0613/Ciamis, Subdenpom III/2-3 Ciamis, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Ciamis Polda Jawa Barat AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro SH., S.I.K., M.T., menyampaikan, Kepolisian Negara Repubulik Indonesia (Polri) hari ini mulai menggelar Operasi kedisiplinan berlalu lintas dengan sandi “Patuh 2023”. Sementara untuk di jajaran Polda Jabar operasi tersebut dengan sandi “Patuh Lodaya 2023”.

“Mulai hari ini Polres Ciamis Polda Jabar akan menggelar Operasi Patuh Lodaya 2023. Operasi ini digelar selama dua pekan dari tanggal 10 Juli 2023 sampai 24 Juli 2023,” kata AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro.

Kapolres Ciamis Polda Jabar menjelaskan, permasalahan dibidang Lalu Lintas telah berkembang dengan Cepat dan Dinamis. Hal ini sebagai konsekuensi meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan Populasi penduduk yang memerlukan alat Transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Namun, lanjut AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, perkembangan tersebut tidak berbanding lurus dengan tingkat keselamatan lalu lintas dan tingkat kesadaran Disiplin dan Ketaatan serta ketertiban masyarakat di Jawa Barat. Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas Khususnya di Kabupaten Ciamis relatif kecil dibandingkan Kota/Kabupaten yang lainnya.

Menurut Kapolres Ciamis Polda Jabar, selalu menjadi berita Nasional apabila di Kabupaten Ciamis ada Kecelakaan, seperti contohnya Kecelakaan Bus di Kecamatan Panumbangan dan Kecelakaan Mobil Bak terbuka di Kecamatan Sukamantri.

“Dengan tertib berlalulintas tentunya akan menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Karena salah satu penyumbang angka lalu lintas itu karena tidak tertib berlalulintas. Kegiatan Ops Patuh Lodaya 2023 merupakan dalam rangka mendisiplinkan masyarakat dalam berkendara guna untuk menjaga Kamseltibcar lantas,” ucap Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro.

Kapolres Ciamis Polda Jabar menambahkan, kegiatan Operasi Patuh Lodaya 2023 merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh satuan lalulintas di seluruh Indonesia. “Target penegakan hukum dan upaya menumbuhkan kepatuhan terhadap tata tertib berlalu lintas, mengurangi lokasi kemacetan serta menekan angka fatalitas kecelakaan,” kata AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro.

#KapolresCiamis
#POLRESCIAMISPOLDAJABAR
*HUMAS POLRES CIAMIS*