• Kam. Apr 18th, 2024

Ketum Berto Tegaskan PPM Menganut Sikap Politik Negara

ByPutra Bhayangkara

Jun 17, 2023
Views: 10

Jakarta, Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Panca Marga (PP PPM) Berto Izaak Doko menegaskan bahwa secara organisasi, PPM menganut pada sikap Politik Negara dengan lebih mengedepankan kepentingan bangsa dan negara.

Hal tersebut disampaikan Ketum PPM Berto dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, 17 Juni 2023, terkait adanya kelompok yang mengatasnamakan Pemuda Panca Marga atau PPM yang melakukan gerakan dukungan pada calon presiden dalam Pemilu 2024.

“Perlu saya sampaikan kembali, bahwa sikap politik PPM secara organisasi adalah politik negara, artinya keterlibatan PPM dalam politik sifatnya individual dan tidak mengatasnamakan organisasi,” tegas Berto.

Ia mengungkapkan sikap politik tersebut sesuai dengan AD/ART Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), serta hasil Rakernas dan Rapimnas PPM di Semarang pada 2022 yang lalu.

“Hal tersebut sesuai dengan AD/ART LVRI, kemudian perintah LVRI selaku pembina organisasi PPM serta hasil Rakernas dan Rapimnas PPM di Semarang tahun 2022 yang lalu,” jelas Ketum PPM Berto.

Lebih lanjut menurut Ketum PPM Berto, PPM dilahirkan oleh LVRI selain untuk meneruskan Jiwa, Semangat dan Nilai-juang 1945 (JSN’45) juga dapat menjadi perekat bangsa dalam mengawal dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“PPM harus konsiten sesuai dengan tujuan pembentukannya, agar selalu berada diatas semua golongan, bukan menjadi partisan yang bekerja untuk kepentingan suatu pihak. Hal ini juga dalam rangka menjaga harkat, martabat dan kehornatan orang tua kita LVRI,” ucapnya.

Ketum PPM Berto juga meminta kepada jajaran Pimpinan Daerah PPM Provinsi di seluruh tanah air untuk mensosialisasikan sikap politik PPM hingga ke tingkat paling bawah.

“Organisasi PPM harus menjadi perekat dan pemersatu bangsa, maka saya pesankan kepada seluruh jajaran PPM se tanah air agar berperan aktif dalam menjaga kondusifitas dengan melakukan tindakan nyata ditengah masyarakat, bersama-sama institusi dan lembaga terkait, khususnya memasuki tahun politik,” ujar cucu Pahlawan Nasional asal NTT Izaak Huru Doko.

Diakhir keterangannya Ketum PPM Berto menegaskan kembali bahwa organisasi yang mengatasnamakan Pemuda Panca Marga atau PPM dengan melakukan gerakan politik praktis mendukung salah satu calon presiden pada Pemilu 2024 bukanlah organisasi Pemuda Panca Marga atau PPM yang sah, mengingat PPM yang sah hanyalah hasil Munaslub 2019 dan dibawah binaan LVRI.

Sumber:.Ketum PPM Berto