• Kam. Jun 13th, 2024

Polsek Wonotirto Ajak Warga Serentak Bersihkan Sampah Di Pesisir Pantai Tambakrejo

ByPutra Bhayangkara

Jul 13, 2023

Putrabhayangkara.com – Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, pada hari Kamis, tanggal 13 Juli 2023, pukul 08.30 WIB, telah dilaksanakan kegiatan membersihkan sampah secara serentak di pesisir Pantai Tambakrejo, Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk aparat muspika, Kamladu, 3 Pilar, Pelabuhan, nelayan, kelompok peduli lingkungan, perangkat Desa, Paguyuban Pasir Samudro, serta warga sekitar pesisir Pantai Tambakrejo.

Acara dimulai dengan apel pagi sebagai langkah awal sebelum kegiatan dilaksanakan. Beberapa tokoh penting yang turut hadir adalah AKP Supriadi S.H., Kapolsek Wonotirto yang diwakili oleh KSPK bersama Bhabinkamtibmas, petugas dari Kamladu, Subramil Wonotirto, perwakilan dari Perhutani Wonotirto, petugas dari Pelabuhan Tambakrejo, perangkat Desa Tambakrejo, pengerak peduli lingkungan dari Yayasan Jawa Dipa Nusantara Mbah Suwondo beserta empat anggota, pengelola tempat wisata dari Bumdes maupun BPD Desa Tambakrejo, nelayan, dan warga sekitar pesisir Pantai Tambakrejo.

Kegiatan utama yang dilaksanakan adalah membersihkan sampah secara serentak. Tim pembersih terdiri dari para peserta yang bertanggung jawab membersihkan pesisir pantai, bantaran kali, dan menangani tumpukan sampah yang mengganggu. Selama pelaksanaan kegiatan membersihkan sampah serentak yang didukung oleh Polri, situasi berjalan dengan lancar, aman, dan terkendali.

Pelaksanaan kegiatan ini sejalan dengan surat laporan yang ditujukan kepada Kapolda jajaran dari Sekretariat Posko Presisi. Dalam surat tersebut, disebutkan bahwa kegiatan membersihkan sampah serentak dilaksanakan pada Kamis, 13 Juli 2023, dimulai pukul 08.00 waktu setempat hingga selesai. Sasaran dari kegiatan ini adalah membersihkan area mangrove, pantai, bantaran kali, dan lokasi tumpukan sampah yang mengganggu.

Diharapkan melalui kegiatan membersihkan sampah serentak ini, kesadaran masyarakat terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan dapat meningkat. Selain itu, diharapkan juga memberikan dampak positif bagi Pantai Tambakrejo dan wilayah sekitarnya. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.

Kegiatan membersihkan sampah serentak di pesisir Pantai Tambakrejo, Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar ini telah menunjukkan kolaborasi yang baik antara berbagai pihak. Semoga kegiatan semacam ini terus dilakukan secara berkelanjutan guna menciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan lestari.
(Ewin.k)