• Jum. Des 1st, 2023

Kapolres Tolikara Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Cartenz Tahun 2023

ByPutra Bhayangkara

Jul 10, 2023

Karubaga, PB — Bertempat di lapangan Apel Mapolres, Kapolres Tolikara AKBP Achmad Fauzan.,S.Ag pimpin langsung Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Patuh Cartenz TMT 10 Juli Sampai Dengan 23 Juli 2023 yang di hadiri oleh Para PJU dan Bintara Polres Tolikara. Senin, (10/07).

Pada pelaksanaannya Kapolres AKBP Achmad Fauzan.,S.Ag membacakan amanat Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri.,S.I.K menyampaikan pertama – tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa karena atas limpahan rahmat dan karunia-nya kita diberikan kesehatan serta keselamatan sehingga dapat hadir bersama dalam “Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Cartenz – 2023” yang akan dilaksanakan selama 14 hari TMT 10 juli sampai dengan 23 juli 2023.

Apel gelar pasukan dengan tema “patuh dan tertib berlalu lintas cermin bangsa” dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

Pada umumnya, kecelakaan lalu lintas diawali dengan terjadinya pelanggaran tata tertib dan peraturan berlalu lintas. masyarakat sebenarnya sangat memahami resiko apabila melakukan pelanggaran lalulintas. namun pelanggaran lalulintas telah menjadi sesuatu hal yang dianggap biasa oleh sebagian masyarakat. tingkat kesadaran akan resiko kepatuhan terhadap peraturan berlalu lintas masih tergolong rendah.

Dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas kita tidak bisa berdiam diri, bahkan kita wajib melakukan berbagai upaya untuk menciptakan kamseltibcarlantas yang aman dan kondusif serta perlu adanya kerjasama dan koordinasi dengan instansi terkait serta partisipasi masyarakat dalam kamseltibcarlantas.

Pada pelaksanaan penegakkan hukum lalu lintas dengan menggunakan etle mobile operasi patuh cartenz – 2023 ini terdapat 7 (tujuh) prioritas sebagai berikut:
a. pengemudi atau ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara.
b. pengemudi atau pengendara ranmor yang masih dibawah umur.
c. pengemudi atau pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari (satu) orang.
d. pengemudi atau pengendara sepeda motor yang yang tidak menggunakan helm sni dan pengemudi atau pengendara ranmor yang tidak menggunakan safety belt.
e. pengemudi atau pengendara ranmor dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol.
f. pengemudi atau pengendara ranmor yang melawan arus.
g. pengemudi atau pengendara ranmor yang melebihi batas kecepatan.

Pada pelaksanaan operasi semua personel yang terlibat agar mengedepankan giat preemtif dan preventif dan didukung pola gakkum lantas secara elektronik dengan memanfaatkan etle statis serta mobile, dilarang melaksanakan gakkum secara stasioner.

Hal ini sesuai dengan tujuan Operasi Patuh Cartenz – 2023 yaitu menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Adapun cara bertindak dalam Operasi Patuh Cartenz tahun 2023, antara lain :
a. melaksanakan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi/tempat rawan macet, pelanggaran kecelakaan lalu lintas.
b. melaksanakan binluh kepada masyarakat tentang kamseltibcarlantas melalui giat sosialisasi dan penyuluhan, melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker baik melalui media cetak, elektronik maupun media sosial.
c. Melaksanakan edukasi dan membangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas.
d. melaksanakan penegakkan hukum secara elektronik (statis dan mobile) serta teguran subjektif dan humanis terhadap masyarakat yang melakukan pelanggaran lalu lintas.
e. melakukan counter opini terhadap berita-berita hoaks di media sosial, online maupun mainstream terkait Ops “Patuh Cartenz – 2023”.

Sambung Kapolres, Jadi kita yang ada di Kab. Tolikara mari bersama wujudkan masyarakat yang tertib dan patuh hukum dalam berlalu lintas. Tutup Kapolres AKBP Achmad Fauzan.,S.Ag

Ardhy HMS.