• Sel. Mei 21st, 2024

Jaga Situasi Kamtibmas Malam Minggu, Polres Blitar Gelar Operasi Gabungan

ByPutra Bhayangkara

Jun 11, 2023
Views: 14

 

Blitar, putrabhayangkara.10 Juni 2023 – Polres Blitar melaksanakan Operasi Gabungan dalam rangka menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Kabupaten Blitar. Kegiatan ini dilakukan pada malam Minggu, di mana banyak masyarakat yang keluar rumah untuk beraktivitas sosial.

Operasi yang dipimpin oleh Kasat Lantas AKP Mursid, didampingi oleh Kasat Samapta AKP Nanang, dilaksanakan dengan mengerahkan anggota ke area lingkungan Kanigoro, Blitar pada Sabtu, 10 Juni 2023. Fokus utama dari operasi ini adalah mengamankan kendaraan bermotor yang tidak dilengkapi dengan surat-surat lengkap serta kendaraan dengan knalpot brong.

Sebagai bagian dari upaya menjaga kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas, petugas melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan masyarakat yang melintas di area tersebut. Kendaraan yang tidak dilengkapi dengan surat-surat lengkap seperti STNK, SIM, maupun kelengkapan lainnya, akan ditindak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Selain itu, kendaraan yang menggunakan knalpot brong juga menjadi sasaran operasi ini. Knalpot brong dikenal sebagai salah satu pelanggaran dalam lalu lintas yang dapat mengganggu ketenangan masyarakat sekitar. Petugas akan melakukan pemeriksaan terhadap knalpot kendaraan untuk memastikan bahwa suara yang dihasilkan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Kasat Lantas AKP Mursid menyampaikan pentingnya kesadaran masyarakat dalam menjaga keselamatan berlalu lintas. “Operasi ini dilakukan sebagai bentuk upaya kita untuk menciptakan keamanan dan ketertiban lalu lintas di wilayah Kabupaten Blitar. Kami mengajak masyarakat agar senantiasa mematuhi aturan berlalu lintas demi keselamatan bersama,” ujar AKP Mursid.

Operasi ini juga bertujuan untuk mencegah terjadinya pelanggaran lalu lintas yang berpotensi mengganggu ketertiban dan kenyamanan masyarakat. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya melengkapi surat-surat kendaraan serta menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan sekitar.

Polres Blitar berharap, melalui operasi ini, dapat memberikan efek jera kepada para pelanggar lalu lintas sehingga kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas semakin meningkat. Pihak kepolisian juga mengimbau agar masyarakat selalu berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing, termasuk dengan melengkapi kendaraan sesuai peraturan yang berlaku.

Operasi gabungan ini merupakan salah satu bentuk nyata dari peran kepolisian dalam menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di Kabupaten Blitar(Marlin, MPB- Sumber Humas Polres Blitar.)