• Sab. Feb 24th, 2024

Jaga Kelestarian Lingkungan, PLN UP3 Tanam 5.000 Mangrove Bersama Masyarakat

ByPutra Bhayangkara

Jun 27, 2023

Sorong Papua Barat Daya – Penanaman mangrove merupakan Program PLN untuk menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.Untuk itu PT PLN (Persero) UP3 sorong saat ini menanam 5.000 mangrove bersama kelompok swadaya masyarakat di sekitar lokasi hutan wisata mangrove kelurahan klamana distrik Sorong timur Papua barat daya.

Program tanggung jawab sosial dan lingkungan mendapatkan bantuan berupa bibit mangrove untuk penanaman di daerah sekitar pesisir kota Sorong kepada unit pelaksana teknis dinas kesatuan pengelolaan hutan lindung II kota sorong.

Selain dihadiri penerima manfaat oleh Kelompok tani mangrove dari warga masyarakat sekitarnya,juga turut serta kepala dinas lingkungan hidup yang mewakili walikota Sorong dalam penanaman mangrove di Kawasan penanaman mangrove kelurahan klamana distrik Sorong timur kota Sorong provinsi Papua barat daya.selasa (27/06/23)

Menurut General Manager PLN UP3 Sorong,Shofwan Juniardi menjelaskan bahwa saat ini PLN UP3 sorong menanam 5.000 bibit mangrove, Sehingga dengan penanaman manggrove ini merupakan Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang dilaksanakan oleh PLN UP3 Sorong untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat serta menjaga kelestarian lingkungan.

“PLN turut menyasar Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, sehingga diharapkan dengan bantuan yang diberikan PLN UP3, dapat meningkat kualitas lingkungan dan bermanfaat secara ekologis bagi masyarakat dan dapat lebih meningkatkan perekonomian serta kesejahteraannya,” kata Shofwan Juniardi.

Selanjutnya menurut kepala dinas lingkungan hidup yang mewakili walikota Sorong mengatakan bahwa,pentingnya taman wisata mangrove bagi lingkungan dan kami juga mengapresiasi kegiatan yang di lakukan oleh PT PLN (Persero)UP3 sorong dan berharap agar kegiatan kegiatan seperti ini tetap terus berlanjut,kami juga menghimbau kepada masyarakat di sekitar taman mangrove agar tetap selalu menjaga lingkungan taman wisata mangrove dengan baik,”ucapnya Andreas adi”.

Selanjutnya,“ Penanaman mangrove juga dapat bermanfaat secara ekologis dan ekonomis. Bermanfaat secara ekologis karena dapat menjadi perlindungan dari bahaya bencana alam, penambah unsur hara, penyerap racun dan karbon, sumber plasma nutfah, memelihara iklim mikro, dan lainnya. Dan Tidak hanya itu,mangrove dapat bermanfaat secara ekonomis yaitu sebagai tempat bertelurnya ikan, sehingga akan semakin melimpah jumlah ikan, dan ini pun dapat berdampak secara luas kepada nelayan sekitar sehingga nantinya akan dapat menjadi tempat wisata taman mangrove di kota sorong,”ucap Andreas Adi mewakili pemerintah kota Sorong”.

Ketua Komunitas kelompok tani mangrove,bapak zakaria, mengungkapkan serta mengapresiasi kepada PLN UP3 Sorong atas kepedulian PLN dalam memperhatikan lingkungan sekitar khususnya terhadap pelestarian mangrove serta optimismenya agar lokasi ini dapat dikembangkan menjadi tempat wisata taman mangrove sehingga akan meningkatkan perekonomian sekitar.

“Terima kasih kami ucapkan kepada PLN UP3 atas Bantuan melalui program PLN Peduli yang telah memberikan kami 5.000 bibit mangrove untuk kami pergunakan di sekitar Kawasan wisata hutan mangrove yang berada di kelurahan klamana. Kami akan menjalankan amanah untuk menjaganya karena sangat bermanfaat untuk masyarakat di sekitar pesisir hutan mangrove,”pungkas bapak Zakaria.

(Tim/Red)