• Kam. Apr 18th, 2024

Jabatan Asops Kasal Resmi Diserahterimakan

ByPutra Bhayangkara

Des 22, 2023
Views: 6

 

Jakarta, 22 Desember 2023 — Berputarnya roda sebuah organisasi akan bertumpu pada kemampuan sumber daya manusianya, jabatan Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops Kasal) yang merupakan salah satu jabatan strategis TNI AL resmi diserahterimakan dari Laksamana Muda TNI Denih Hendrata kepada Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan, dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali bertempat di Gedung Utama Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (22/12).

Laksamana Muda TNI Denih Hendrata yang merupakan lulusan Akademi TNI Angkatan Laut Angkatan (AAL) Ke-35 tahun 1989 ini selanjutnya akan memimpin Koarmada II sebagai Pangkoarmada II. Adapun jabatan yang pernah diduduki antara lain sebagai Komandan Lantamal III Jakarta Koarmada I, Waasintel Kasal, Sahli Bidang Pertahanan Keamanan Setjen Wantannas, dan juga pernah menjabat sebagai Gubernur AAL sebelum menjabat sebagai Asops Kasal.

Sementara itu, Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan merupakan lulusan AAL Angkatan Ke-39 tahun 1993. Riwayat jabatan yang pernah beliau duduki, antara lain Komandan Satuan Eskorta Koarmabar, Asops Koarmada III, Koorsmin Kasal, Kepala Staf Guskamla Koarmada I, Komandan Guskamla Koarmada I.

Selanjutnya beliau juga menjabat sebagai Waasrena Kasal, Kepala Staf Koarmada RI, Panglima Komando Lintas Laut Militer, dan Staf Khusus Kasal. Jabatan terakhir Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan sebelum dilantik menjadi Asops Kasal adalah menjabat sebagai Panglima Koarmada II (Pangkoarmada II).

Kasal menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Laksamana Muda TNI Denih Hendrata yang telah menjalankan tugas sebagai Asops Kasal dengan penuh tanggung jawab dan mengucapkan selamat atas jabatan baru sebagai Pangkoarmada II.

Terpilihnya Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan diharapkan dapat meneruskan amanah kepemimpinan organisasi yang baru sebagai Asops Kasal. Hal ini sebagai bentuk apresiasi pemimpin TNI AL atas prestasi, dedikasi, kerja keras, dan kemampuan yang dimiliki. “Diharapkan dengan adanya regenerasi kepemimpinan akan meningkatkan kinerja dan kiprah Laksamana baik di Indonesia maupun di dunia internasional”, pungkas Kasal.

Kasal meyakini bahwa dengan adanya rotasi jabatan ini para pejabat akan termotivasi untuk lebih berkontribusi dalam melahirkan inovasi yang tinggi guna mendukung pelaksanaan tugas sesuai bidang masing-masing untuk mencapai kejayaan Angkatan Laut “Jalesveva Jayamahe”.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.