• Sab. Mei 18th, 2024

Ini Penekanan Kasal Pada Calon Perwira TNI AL Sebelum Pelantikan di Surabaya

ByPutra Bhayangkara

Nov 5, 2023
Views: 8

 

Jakarta, 5 November 2023,—Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali memberikan pembekalan kepada Calon Wisudawan Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) Angkatan Ke-53 tahun 2023 di Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal), Surabaya, Minggu (5/11).

Dihadapan para calon Perwira TNI AL tersebut, Kasal menegaskan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) unggul merupakan kunci sukses kejayaan TNI Angkatan Laut. Lebih lanjut menurutnya seorang perwira akan menjadi pemimpin yang memiliki beban tugas, wewenang dan tanggung jawab yang sesuai dengan tempat penugasan. Perwira memiliki konsekuensi tanggung jawab moril terhadap keluarga, anak buah serta lingkungan.

“Figur seorang pemimpin akan menjadi panutan dan teladan bagi lingkungannya, perwira harus mampu menampilkan performa terbaik yang dapat menjadi contoh bagi anak buah maupun lingkungan sekitarnya”, tegas Laksamana TNI Muhammad Ali.

Tahun ini Kodiklatal akan melantik sebanyak 217 siswa sebagai Perwira Pertama (Pama) TNI AL. Lulusan Diktukpa Angkatan ke-53 ini terdiri dari Korps Pelaut 43 orang, Korps Teknik 34 orang, Korps Elektronika 23 orang, Korps Suplai 22 orang (17 Pria dan 5 Wanita), Korps Marinir 25 orang, Korps Kesehatan 34 orang (27 Pria dan 7 Wanita), Korps Khusus 14 orang (11 Pria dan 3 Wanita), Korps Pomal 18 orang, dan Korps Hukum 4 orang.

“Perwira lulusan Diktukpa adalah Perwira TNI AL yang diberi amanah untuk memimpin dan mengelola organisasi dari satuan terkecil, jaga amanah sebagai seorang pemimpin dengan tulus dan ikhlas. Untuk itu, para perwira harus menjadi contoh, menjadi sumber ilmu dan tegas, namun arif dalam memimpin”, pesan Laksamana TNI Muhammad Ali.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.