• Rab. Nov 29th, 2023

Guyuran Hujan Tidak Menyurutkan Kekhusyuan Sholat Sunat Idul Adha 1444H di Halaman Mapolres Banjar

ByPutra Bhayangkara

Jun 29, 2023

Kota Banjar,putrabhayangkara.com

Sholat Sunat Ied Iduh Adha 1444 H/2023 di halaman Mapolres Banjar di bawah guyuran hujan berjalan khidmat. (29/06/2023)
Ketua FKUB sekaligus Sekjen MUI Kota Banjar KH. Iskandar Effendi,S.H.I. bertindak sebagai khotib sekaligus Imam Sholat Ied. Sedangkan
AKP Helmizar, S.IP. Kasat Samapta Polres Banjar bertindak sebagai pembaca amanat dari Wali Kota Banjar.
Idul Adha tahun ini mengambil tema ‘Idul Adha meningkatkan nilai-nilai kepatuhan dan moralitas guna mewujudkan Polri yang Presisi’.
Dalam khotbahnya Ketua KH. Iskandar mengatakan Qurban itu mengkorbankan sifat-sidat jelek binatang, misal unta tanpa dtepok-tepok, ia tidak akan bekerja. Selain itu Berqurban melambangkan membuang sifat-sifat jelek yang ada di dalam tubuh.
“Misalkan lagi berqurban kambing, melambangkan gampang tersulut emosi dan cepet salah faham.” Ucapnya.
Sementara itu Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo,S.H.,S.I.K.,M.M. mengatakan walaupun di bawah guyuran hujan, para jemaah tetap khusyu melaksanakan sholat Ied dan menyimak khotbah.
“Pelaksanaan sholat Ied di Mapolres Banjar bertujuan menjalin silaturahmi antar personel beserta para keluarganya.” Ucap Kapolres Banjar.
Hadir dalam Sholat Idul Adha tersebut Waka Polres Banjar Tommy Widodo A., S.H.,M.Si., para pejabat utama, para perwira, dan Personel Polres Banjar beserta keluarga, Ketua Bhayangkari Cabang Banjar Ny. Nita Bayu beserta para pengurus, serta warga sekitar Mapolres Banjar.
Setelah melaksanakan sholat Ied, Kapolres Banjar menyerahkan hewan yang akan diqurbankan kepada pihak panitia. Serta secara simbolis menyerahkan hewan qurban kepada Ketua FKUB untuk dilakukan penyembelihan.
Sementara itu Bapak Hanif dari Dinas peternakan melaksanakan pengecekan kepada hewan-hewan qurban yang di Mapolres Banjar. Mengatakan bahwa pihaknya melakasanakan pengecekan post morter dan ante mortem.
“Pengecekan ante mortem ini pengecekan sebelum hewan disembelih yaitu pengecekan fisik, usia, dan lainnya. Kemudian pengecekan post morter setelah penyembelihan dan pemotongan. Pengecekan terhadap daging maupun organ-organnya. Setelah pengecekan tidak ada kelainan sama sekali dan dagingnya bagus, serta layak untuk dikonsumsi.” Jelasnya.
Personel yang tergabung dalam panitia Qurban melaksanakan pemotongan dan penyaluran daging Qurban. Dengan disaksikan langsung oleh Kapolres Banjar beserta Para Pejabat Utama Polres Banjar.Red.Aditya A PM