• Jum. Jun 14th, 2024

Eksistensi KJJT Banyuwangi Patut Diacungi Jempol, Dapat Rekomendasi Menggelar Program Edukasi Jurnalistik dari Dispendik

ByPutra Bhayangkara

Jun 11, 2024

Banyuwangi,Putra Bhayangkara,– Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) wilayah Banyuwangi, mendapatkan kepercayaan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi. Dalam acara silahturahim dan audiensi yang diadakan pada Selasa (11/06/2024). KJJT menerima rekomendasi untuk menyelenggarakan program edukasi jurnalistik di sekolah-sekolah, terutama jenjang SMP Negeri di wilayah Kabupaten Banyuwangi.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Alfian, yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan, Suratno SPd.MM., yang sedang bertugas di luar kota, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada KJJT.

“Kami sangat berterima kasih kepada teman-teman Komunitas Jurnalis Jawa Timur di Banyuwangi yang memiliki keinginan membantu kami dalam mengembangkan kegiatan jurnalistik dasar di semua satuan pendidikan, terutama jenjang SMP. Kegiatan ini sangat relevan dengan kebutuhan anak-anak saat ini,” tutur Alfian.

Alfian menekankan pentingnya program ini dalam meningkatkan literasi nasional dan membantu membedakan antara berita fakta dan hoaks.

“Dengan banyaknya pemberitaan, kadang sering sulit dibedakan mana yang fakta dan mana yang hoaks, kedatangan teman-teman di bidang pendidikan sangat kami hargai. Kami akan melanjutkan rekomendasi ini agar teman-teman bisa memberikan pelatihan jurnalistik di sekolah-sekolah,” tambahnya.

Ia berharap program ini tidak hanya menjadi kegiatan sesaat, tetapi benar-benar bermanfaat dalam mengembangkan kemampuan menulis pelajar.

“Saya ingin kegiatan ini disambut baik oleh semua satuan pendidikan. Tidak hanya sebagai instrumen belaka, tetapi sebagai upaya pengembangan keterampilan menulis anak-anak dan pihak sekolah. Harapan saya, setiap sekolah bisa memiliki atau meng-aktifkan E-magazine dan mading dan platform media lainnya dengan dikawal oleh komunitas Jurnalis Banyuwangi,” ujarnya.

Ketua KJJT Wilayah Banyuwangi, Ricky Sulivan yang akrab disapa Erik menyambut baik rekomendasi tersebut. “Kami sangat berterima kasih atas rekomendasi yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi. Ini akan membantu kami menjalankan program dengan lebih baik dan lebih terbantu mencapai tujuan untuk meningkatkan kualitas literasi sekaligus menambah pengetahuan bagi pelajar dan pihak sekolah,” kata Ricky.

“Dengan dukungan dari Pemerintah Kabupaten melalui  Dispendik, KJJT Banyuwangi berkomitmen untuk memberikan pelatihan secara berkelanjutan dan membantu sekolah-sekolah menghasilkan produk jurnalistik yang nyata dan bermanfaat bagi siswa, sekolah dan masyarakat,” pungkas Erik. (team).