• Kam. Jun 13th, 2024

Dansatbrimob Polda Kalbar Turun Langsung Melakukan Pemadaman Api Dilokasi Karhutla

ByPutra Bhayangkara

Jul 30, 2023

Apel kesiapsiagaan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) Satbrimob Polda Kalbar dalam rangka mengantisipasi kemunculan titik api di Provinsi Kalbar. Minggu (30/07/23).

Dipertengahan tahun 2023 ini Satbrimob Polda Kalbar kembali melasanakan apel gelar pasukan dan peralatan dalam rangka kesiapsiagaan Karhutla yang kemungkinan akan terjadi diwilayah Provinsi Kalbar. Apel kesiapsiagaan ini sengaja dilaksanakan oleh Satbrimob Polda Kalbar dengan tujuan untuk mengecek kesiapan peralatan serta personel yang nantinya akan bertugas untuk memadamkan dititk-titik api dilokasi terjadinya Karhutla. Pada pelaksanaan apel kesiapsiagaan hari ini Dansatbrimob Polda Kalbar Kombes Pol. M. Guntur, S.I.K., M.H. selaku pimpinan apel mengingatkan kepada seluruh personel untuk selalu siap apabila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk turun ke lokasi Karhutla.

Dikesempatan apel kesiapsiagaan hari ini Dansatbrimob mengecek satu persatu kesiapan almatsus dan kendaraan dinas yang dimiliki oleh Satbrimob Polda Kalbar untuk menangani Karhutla. Selain mengecek kesiapan almatsus dan kendaraan dinas Dansatbrimob juga mengecek kesiapan personel seperti mengetes sejauh mana pengetahuan personel dalam hal mengoprasionalkan almatsus yang dimiliki oleh Satbrimob Polda Kalbar. Apel kesiapsiagaan Karhutla ini dilaksanakan di Mako Batalyon A Pelopor dan dihadiri oleh seluruh pejabat utama dilingkungan jajaran Satbrimob Polda Kalbar.

Didalam amanatnya Dansatbrimob Kombes Pol. M. Guntur, S.I.K., M.H. berpesan kepada seluruh personel Satbrimob Polda Kalbar untuk tetap waspada dan selalu siap apabila sewaktu-waktu mereka diperlukan serta memerintahkan kepada seluruh personel untuk setiap harinya melaksanakan kegiatan latihan sehingga pada saat pelaksanaan tugas dilapangan mereka sudah tau harus berbuat apa.

Tak berselang lama setelah pelaksanaan apel kesiapsiagaan Karhutla tersebut, respon cepat diperlihatkan oleh personel Satbrimob Polda Kalbar setelah menerima laporan kemunculan titik api di Desa Punggur, Kec. Sungai Kakap Kab. Kubu Raya. Menerima laporan tentang kemunculan api tersebut Dansatbrimob langsung menuju ke lokasi kemunculan api tersebut. Sesampainya dilokasi terjadinya Karhutla Dansatbrimob langsung memerintahkan personel untuk bergerak cepat mencari sumber air terdekat dan kemudian segera memadamkan api agar api tidak meluas kelokasi pemukiman masyarakat.

Proses pemadaman api ini memakan waktu cukup lama dikarenakan kebakaran lahan ini terjadi diatas lahan gambut. Pemadaman api ini berjalan dengan lancar dan setelah proses pemadaman selesai Dansatbrimob menghimbau agar masyarakat yang berada didekat lokasi Karhutla untuk selalu waspada dan juga menegur siapa saja yang hendak ingin membuka lahan dengan cara sengaja membakarnya.

“Saya ucapkan terimakasih atas laporan yang telah bapak-bapak sampaikan kepada kami. Saya minta kedepannya bapak-bapak sekalian tidak sungkan untuk menegur siapa saja yang hendak membuka lahan dengan cara sengaja dibakar. Nantinya personel Satbrimob Polda Kalbar juga akan melakukan patroli rutin dilokasi-lokasi yang rawan terjadinya Kahutla mengantisipasi terjadinya Kahutla yang bisa kapan saja terjadi” ucap Kombes Pol. M. Guntur, S.I.K., M.H..