• Sab. Feb 24th, 2024

Dandim 0728/Wonogiri Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci Peringatan HUT RI Ke-78

ByPutra Bhayangkara

Agu 17, 2023

Wonogiri – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 78, Pemerintah Kabupaten Wonogiri melaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Kamis (17/8/23) dini hari.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Kodim(Dandim) 0728/Wonogiri Letkol Inf Deny Octavianto dan turut diikuti oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Kapolres Wonogiri AKBP Andi M. Indra Waspada Amirullah, Wakil Bupati Setyo Sukarno, Sekda Haryono, Kasdim Mayor Inf Iman Maulana Sirod dan segenap Kepala OPD.

Adapun pasukan apel terdiri dari 1 Pleton Perwira TNI/Polri, 1 Pleton anggota Kodim 0728/Wonogiri, 1 Pleton Polres Wonogiri, 1 Pleton Pelajar dan 1 Pleton Linmas.

Apel dan renungan suci ini dimulai pukul 00.00 wib, diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, lalu pembacaan teks kehormatan oleh inspektur upacara dan dilanjutkan mengheningkan cipta.

Letkol Inf Deny Octavianto selaku inspektur upacara saat memimpin apel kehormatan dan renungan suci membacakan naskah yang menyatakan, penghormatan tertinggi bagiĀ 106 pahlawan yang telah mengabdi dan mengorbankan jiwa raga untuk membela tanah air dan meneruskan perjuangan, yang terdiri dari TNI 83 orang, Pejuang Rakyat 21 orang dan pejuang tidak dikenal 2 orang yang bersemayam di TMP Kusuma Bangsa.

” Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa “, ujar Dandim.

Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga, kami berdo’a semoga arwah para pahlawan di terima Tuhan yang maha Esa dan mendapat tempat yang sewajarnya.

Kegiatan tersebut berlangsung lancar dan dengan diterangi cahaya api obor, membuat suasana semakin khidmat. Sebelum melaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci, jajaran Forkopimda sebelumnya melaksanakan malam tirakatan yang berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati,

(Arda 72).