• Sab. Mei 18th, 2024

Bupati Kaur Hadiri Panen Perdana Ikan Lele Kolam Terpal, Ini Layak dicontoh

ByPutra Bhayangkara

Nov 3, 2023
Views: 19

Kaur Bengkulu, Putrabhayangkara.com- Bupati Kabupaten Kaur H. Lismidianto, S.H., M.H menghadiri dan melakukan panen perdana ikan lele di kolam terpal milik Kelompok Pembudidaya Ikan bertempat di Desa Sinar Pagi Kecamatan Kaur Selatan, kelompok tersebut merupakan binaan Dinas Perikanan kabupaten Kaur, Jum’at (3/11/2023).

Bupati Kaur dalam sambutannya mengatakan, panen perdana ikan lele budidaya terpal milik UPR Kaur Fish Farm ini merupakan program peningkatan produksi pangan di bidang perikanan terkhusus di Kabupaten Kaur yaitu ikan lele dan ikan nila, ujarnya.

“Setiap pokdakan diberi benih, pakan dan peralatan produksi, dengan tujuan dari bantuan ini diharapkan kelompok dapat mandiri dalam berusaha dan terjadi peningkatan pendapatan keluarga dibidang usaha perikanan kecil” terang Bupati.

Dikatakan Bupati program ini diharapkan mampu meminimalisir dampak inflasi sekaligus diharapkan kebutuhan protein masyarakat di Kabupaten terpenuhi sehingga dapat mencegah kerawanan pangan berupa stunting.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kaur Misalman, SP mengatakan Kelompok pembudidaya Ikan UPR Kaur Fish Farm adalah salah satu kelompok yang mendapatkan bantuan dari Dinas yang ia pimpin melalui DAK 2023.

Misralman menuturkan Pokdakan UPR Kaur Fish Farm ini bersama pokdakan lainnya mendapatkan bantuan dari dinsa yang ia pimpin berupa Bibit, pakan dan sarpras sepert kolam terpal, Genset dan sarpras lainnya.

“Ada delapan kolam terpal di setiap pokdakan dengan masing- masing kolam di isi dengan bibit sebanyak 1500– 2000 ekor, dalam satu kolam dapat menghasilkan 200 Kg ikan, jadi kalau diakumulasi dalam satu kelompok dapat menghasilkan ikan air tawar sebanyak 1, 6 Ton” Kata Misralman.

“Kalo UPR Kaur Fish Farm ini juga sudah mengembankan ke pembibitan ikan, sehinga kedapan kita harapkan kelompok ini dapat juga membantu kelompok lainnya” Pungkas Misralman. (Ripasi)