• Sab. Feb 24th, 2024

Bupati Humbahas Tinjau Pembangunan PLUT di Doloksanggul

ByPutra Bhayangkara

Jul 7, 2023

Humbang Hasundutan-Sumut

Putrabhayangkara.com
Jumat 07/07/2023

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE didampingi Inspektur Drs BP Siahaan, Asisten Administrasi Umum Drs Janter Sinaga, Kadis Kopenaker Nurlija Elita Pasaribu, Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Anggiat Simanullang, dan lainnya meninjau proyek pembangunan PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu) di Doloksanggul, Nilai dalam pembangunan ini sebesar Rp.4.003.680.416.

Bupati Humbahas meminta kepada kontraktor dalam pembangunan PLUT ini harus sesuai dengan spesifikasi, ketahanannya, kearifan lokal sehingga tampak indah. “Jangan coba-coba tanpa spesifikasi, kalau tak sesuai akan dibongkar, ketahanannya harus jelas, supaya gedung ini berfungsi dengan baik, fungsinya benar. Dinas terkait supaya tetap dipantau proses pembangunannya” tegas Bupati Humbahas.

Kadis Kopenaker Nurlija Pasaribu menjelaskan, PLUT adalah lembaga yang menyediakan layanan dan fasilitas untuk membantu pengembangan usaha dan meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha. Berikut adalah beberapa hal yang umumnya dapat dilakukan di Pusat Layanan Usaha Terpadu yaitu Pendaftaran dan perizinan usaha. PLUT biasanya menyediakan proses pendaftaran usaha dan membantu pelaku usaha dalam mengurus perizinan yang diperlukan untuk memulai atau mengembangkan usaha. Ini termasuk perizinan seperti izin usaha, izin lingkungan, izin bangunan dan lain sebagainya. Konsultasi dan bimbingan, PLUT dapat memberikan konsultasi dan bimbingan kepada pelaku usaha terkait berbagai aspek bisnis, seperti perencanaan bisnis, manajemen keuangan, pemasaran, strategi pengembangan usaha, dan manajemen sumber daya manusia. Tujuannya adalah membantu pengusaha dalam mengelola dan mengembangkan usahanya dengan lebih efektif.

Kemudian ada pelatihan dan workshop. PLUT sering menyelenggarakan pelatihan dan workshop yang ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha. Ini mungkin meliputi pelatihan dalam bidang seperti manajemen keuangan, pemasaran digital, pengembangan produk, kepemimpinan, dan keterampilan teknis khusus terkait usaha tertentu. Akses ke sumber daya dan fasilitas. PLUT dapat menyediakan akses ke sumber daya dan fasilitas yang membantu pengusaha dalam menjalankan usahanya. Misalnya, mereka mungkin menawarkan akses ke ruang kerja bersama (coworking space), fasilitas teknologi, perpustakaan bisnis, pusat data, atau sarana produksi yang dapat digunakan oleh pelaku usaha.

Pembiayaan dan bantuan keuangan. PLUT dapat memberikan informasi dan panduan mengenai berbagai sumber pembiayaan yang tersedia bagi pelaku usaha, termasuk pinjaman bank, program subsidi, atau skema pembiayaan khusus untuk usaha kecil dan menengah. Mereka juga dapat membantu dalam menyusun proposal pembiayaan dan menghubungkan pelaku usaha dengan lembaga keuangan yang sesuai. Selanjutnya ada jaringan dan kolaborasi. PLUT sering menjadi tempat untuk membangun jaringan dan menjalin kolaborasi dengan pelaku usaha lainnya. Mereka dapat mengadakan acara atau pertemuan yang menghubungkan pengusaha, investor, perwakilan pemerintah, atau organisasi bisnis lainnya. Ini dapat memberikan peluang untuk berbagi pengetahuan, mencari mitra bisnis, atau mendapatkan wawasan baru.

Frish H Silaban