• Sel. Mei 21st, 2024

Bupati Humbahas Serahkan Bantuan Beras Kepada Korban Bencana Puting Beliung dan Kebakaran di Doloksanggul

ByPutra Bhayangkara

Apr 29, 2023
Views: 21

Humbang Hasundutan-Sumut.

Putrabhayangkara.com
Sabtu 29/04/2023

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE diwakili Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Ir Junter Marbun serahkan bantuan berupa beras kepada korban bencana puting beliung dan kebakaran rumah di Desa Purba Dolok Kecamatan Doloksanggul, Sabtu (29/4) bertempat di Kantor Desa Purba Dolok.

Kabid Perkebunan dan Ketahanan Pangan Emmy Lisda Situmorang, SP menjelaskan masyarakat penerima sebanyak 28 kepala keluarga dengan bantuan beras sebanyak 750 kg.

Kepala Desa Purba Dolok Frits Desmon Purba menerangkan puting beliung yang terjadi 6 April 2023 lalu itu mengakibatkan ada kerusakan rumah termasuk lahan pertanian milik masyarakat. “Mulai kejadian sampai sekarang masih ada masyarakat yang trauma, ketika hujan datang ditambah gelap, warga masih ketakutan. Mohon kami didoakan supaya masyarakat yang kena musibah puting beliung diberikan semangat dan kekuatan dari Tuhan. Dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa, semua selamat” harap Desmon Purba. Kepala Desa menambahkan sejak kejadian, banyak yang peduli kepada warga dari berbagai elemen masyarakat, yang selalu memberikan semangat termasuk bantuan. Dan saat ini, Pemkab Humbang Hasundutan melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan datang kembali memberikan bantuan berupa beras kepada korban puting beliung dan kebakaran. Karena sebelumnya, Pemkab Humbahas melalui Dinas Sosial sudah hadir ditengah-tengah masyarakat. “Saya mewakili masyarakat Desa Purba Dolok mengucapkan terimakasih banyak kepada Pemkab Humbahas atas perhatian dan kepeduliannya kepada kami”

Junter Marbun mengatakan bantuan beras yang diberikan adalah beras dari cadangan pangan pemerintah yang diadakan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan. Dimana Pemerintah Kabupaten Humbahas melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan sudah ada perjanjian jual beli beras dengan Perum Bulog Pematang Siantar sejak 2022. Cadangan pangan beras Pemkab Humbahas ini untuk menangggulangi kerawanan pangan korban pasca bencana akibat bencana alam atau keadaan darurat.

Lortminto Simatupang mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih atas perhatian dan kepedulian Pemkab Humbahas kepada masyarakat Desa Purba Dolok. “Hanya ungkapan terimakasih yang bisa kami sampaikan kepada Pemkab Humbahas, Mari kita saling berdoa, supaya kejadian serupa tidak terulang kembali” ucap Lortminto.
Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Ir Junter Marbun bersama Kadis Kominfo Batara Franz Siregar, SE dan Sekcam Doloksanggul Serepina Purba memberikan bantuan beras secara simbolis kepada Lortminto Simatupang.

Frish H Silaban