• Jum. Mar 1st, 2024

Bupati Humbahas Buka FGD Penyusunan Roadmap SIDa Melibatkan Sekda, dan Seluruh Pimpinan OPD

ByPutra Bhayangkara

Agu 15, 2023

Humbang Hasundutan-Sumut

Putrabhayangkara.com
Selasa 15/08/2023

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE membuka secara resmi Forum Group Discussion Penyusunan Roadmap Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Kabupaten Humbang Hasundutan di Pendopo, Perkantoran Bukit Inspirasi, Doloksanggul.

FGD ini melibatkan Sekda, Asisten Sekretariat Daerah, seluruh Pimpinan OPD, Camat, Unit Kerja se-Kabupaten Humbang Hasundutan, Pimpinan BRI, BNI, Bank Mandiri, Bank Sumut, PT. Telkom dan PLN Doloksanggul.

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa Inovasi daerah adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan memacu kreativitas daerah untuk melakukan inovasi.

Isu strategis daerah seperti kualitas Sumber Daya Manusia, kualitas infrastruktur dan kesenjangan wilayah, daya saing ekonomi, tata kelola pemerintahan, kualitas hidup dan risiko bencana memerlukan integrasi dan kolaborasi dari inovasi yang ada dan inovasi yang akan diciptakan. Inovasi hendaknya menjadi habbit dalam pemecahan masalah daerah, mengandung unsur pembaharuan, manfaat, kepentingan publik, urusan kewenangan daerah, serta aplikatif dan dapat direplikasi. Inovasi yang diciptakan harus mampu memperhatikan berbagai aspek dan keberlanjutan inovasi harus terus dipantau dan dievaluasi untuk terus dilakukan penyempurnaan.

Sistem Inovasi Daerah (SIDa) disusun dalam dokumen yang disebut roadmap SIDa sebagai acuan daerah dalam melaksanakan dan mengembangkan inovasi daerah dalam jangka menengah dan diuraikan dalam rincian target setiap Tahun Anggaran. Era digitalisasi seperti saat ini, membawa perubahan disegala sektor dengan tuntutan masyarakat yang semakin beragam, sehingga mengharuskan pemerintah menata ulang cara kerja dan layanan kepada masyarakat agar lebih mudah, lebih cepat, lebih murah, dan lebih baik berdasarkan data dan dokumen. Merespon hal tersebut kita terus berupaya untuk mengembangkan inovasi daerah dengan memanfaatkan peta Jalan/Roadmap SIDa yang disusun tahun ini.

Pada kesempatan ibu, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE juga menekankan agar tidak semata-mata untuk mencapai peringkat atau juara dalam Penyusunan Roadmap SIDa, tetapi berorientasi kepada tiga hal prioritas yaitu Kesejahteraan Masyarakat, Kesehatan dan Pendidikan.

Sementara dalam laporan Kepala Bappeda, Pahala Lumban gaol, ST, M.Sc, M.Eng menyampaikan bahwa tujuan FGD Penyusunan SIDa ini adalah tersusunnya Roadmap Sistem Informasi Daerah (SIDa) sebagai peta jalan dan acuan Pemerintah Daerah dalam mengembangkan inovasi daerah dan untuk memetakan ide, cikal bakal, hambatan dan tantangan inovasi Perangkat Daerah, Kecamatan, Unit Kerja di Lingkungan Pemkab Humbahas.

Adapun pembicara dan narasumber pada kegiatan ini dengan menghadirkan Agus Suriadi, S.Sos, M.Si dari Universitas Sumatera Utara.

Fresh H Silaban