• Jum. Mar 1st, 2024

Bupati Bersama Forkopimda Humbahas Hadiri Apel Kasatkamling Tahun 2023

ByPutra Bhayangkara

Jun 21, 2023

Humbang Hasundutan-Sumut

Putrabhayangkara.com

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menghadiri Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasatkamling) Tahun 2023 (21/6) di Mapolres Humbang Hasundutan.

Apel ini dipimpin langsung oleh Kapolres Humbang Hasundutan, AKBP Hary Adianto, SH, SIK, MH dan diikuti oleh peserta apel antara lain personil Polres Humbang Hasundutan, BPBD, Damkar, Satpol PP, Perwakilan Kepala Desa dan Perangkat Desa Se-Kab Humbahas dan lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Mewakili Dandim 0210/TU Pabung Humbahas Mayor Amr Ojak Simarmata, Kasipidum Kejari Humbahas Herry Sanjaya S.H. M.H, Plh. Kadis Perhubungan Jaulim Simanullang, S.Pd., M.M, Kasat Pol PP Drs. Eben Vandeik Simanungkalit MM.

Dalam sambutan tertulis Kapolri yang dibacakan Kapolres Humbang Hasundutan, AKBP Hary Adianto, SH, SIK, MH menyampaikan bahwa Apel yang dilaksanakan hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Satkamling.

Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Hal ini sejalan dengan Program Transformasi Menuju Polri yang presisi tepatnya pada kebijakan Transformasi Operasional program ke-5 dan kegiatan ke-21, yaitu peningkatan peran aktif pamswakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pamswakarsa.

Satkamling adalah garda terdepan disetiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/ Desa. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi ‘early warning’ terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

Pesan Kapolri, agar terus melakukan perbaikan dan meningkatkan kerja sama dalam penyelenggaraan satkamling.
Ditengah-tengah apel, Kapolres Humbang Hasundutan, AKBP Hary Adianto, SH, SIK, MH memberikan penghargaan kepada Satuan Kamling yang aktif.

Frish H Silaban