• Sel. Jul 23rd, 2024

Tegas, Lugas dan Terpercaya

Bunda PAUD Lepas Anak PAUD Se-Kecamatan Doloksanggul

ByPutra Bhayangkara

Jun 14, 2023

 

Humbang Hasundutan-Sumut.
Putrabhayangkara.com
Rabu 14/06/2023

Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Kabupaten Humbahas Ny Lidia Dosmar Banjarnahor lepas anak-anak PAUD se-Kecamatan Doloksanggul bertempat di Aula Huta Mas, Rabu (14/6). Dalam pelepasan itu juga dilakukan kegiatan gasing anak PAUD dalam rangka mensukseskan gerakan transisi PAUD ke SD (Sekolah Dasar) yang menyenangkan.

Ny Lidia Dosmar Banjarnahor menjelaskan mensukseskan gerakan transisi itu, dengan melaksanakan tiga target gerakan perubahan. Pertama, satuan pendidikan hilangkan tes calistung (baca tulis hitung) saat proses penerimaan peserta didik baru SD. Kedua, menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama (di PAUD dan SD) dan ketiga, menerapkan pembelajaran yang membangun 6 kemampuan fondasi anak baik di PAUD dan SD.

Transisi PAUD ke SD merupakan program yang berisi proses untuk mendukung kesiapan belajar bagi anak usia dini yang akan memasuki jenjang SD. Proses ini juga dapat mempengaruhi keberhasilan anak dalam melakukan penyesuaian di jenjang pendidikan dasar. Peran serta semua pihak, khususnya Kepala Sekolah SD, guru dan penyelenggara PAUD diharapkan sudah mengetahui dan berperan aktif dalam mensukseskan gerakan transisi PAUD menuju Sekolah Dasar.

Ketua TP PKK Humbahas menjelaskan lagi bahwa satuan pendidikan perlu menerapkan pembelajaran dan membangun enam kemampuan fondasi anak yaitu mengenal nilai agama dan budi pekerti. Keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi. Kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan belajar. Kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar, seperti kepemilikan dasar literasi, numerasi. Pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpartisipasi di lingkungan belajar secara mandiri termasuk pemaknaan terhadap belajar yang positif. Dalam acara itu, beragam kegiatan dan penampilan termasuk tarik suara dari anak-anak PAUD, sehingga suasana pelepasan itu meriah dan menyenangkan.

Frish H Silaban